Ilustrasi PTM di Kota Malang. Branda Antara
Ilustrasi PTM di Kota Malang. Branda Antara

Pengamat Pendidikan: Perlu Bukti Ilmiah Pastikan Kurikulum Merdeka Efektif

Pendidikan pendidikan Kemendikbudristek Kurikulum Kurikulum Merdeka
Ilham Pratama Putra • 21 April 2022 17:06
Jakarta: Pengamat pendidikan Doni Koesoema mengatakan perlu bukti ilmiah untuk menunjukkan Kurikulum Merdeka efektif. Saat ini, dia menilai Kurikulum Merdeka belum berdampak.
 
"Tidak ada bukti ilmiah untuk membuktikan bahwa Kurikulum Merdeka itu efektif. Klaim bahwa Kurikulum Merdeka itu efektif, tidak meyakinkan karena tidak ada bukti ilmiah argumentatif yang diperoleh melalui metode penelitian yang meyakinkan," kata Doni dalam siaran YouTube bertajuk Pendidikan Karakter Utuh, Kamis, 21 April 2022.
 
Dia menilai pembuktian efektivitas Kurikulum Merdeka oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) masih kurang. Sebab, Kemendikbudristek baru melakukan survei persepsi dan studi etnografis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau melihatnya ini kan dari hasil belajar. Maka asesmen tentang hasil belajar yang berkelanjutan dari proses Kurikulum Merdeka ini kan memang belum kita tahu. Jadi, klaim yang ada sekarang patut dipertanyakan," tutur dia.
 
Doni menyebut bukti efektivitas itu bisa didapat bila pemerintah telah secara masif memberikan pendampingan pada satuan pendidikan untuk menerapkan Kurikulum Merdeka. Pemerintah tak boleh pilih-pilih memberikan pendampingan.
 
"Jadi, pemanduan ini harus intensif. Maka kalau tanpa pendampingan ini akan memaksakan kurikulum tanpa proses pelatihan dan ini akan menjadi bencana bagi sekolah," tegas dia.
 
Baca: Belum Terbukti Ampuh, Pengamat Pendidikan Nilai Wajar Banyak yang Ragu dengan Kurikulum Merdeka
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif