Ilustrasi. Foto: MI/Galih Pradipta
Ilustrasi. Foto: MI/Galih Pradipta

Sekolah Diliburkan, Anies Tunda Pelaksanaan UN SMK

Pendidikan Ujian Nasional Virus Korona
Sri Yanti Nainggolan, Ilham Pratama Putra • 14 Maret 2020 20:41
Jakarta: Gubernur DKI Anies Baswedan, memberikan instruksi untuk menunda Ujian Nasional (UN) SMK, menyusul diliburkannya sekolah di Jakarta selama dua pekan. Ujian Nasional SMK seharusnya dimulai pada Senin, 16-19 Maret 2020.
 
Langkah meliburkan sekolah dan menunda pelaksanaan Ujian Nasional ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus korona atau coronavirus disease (covid-19) yang lebih luas lagi.
"Penutupan sekolah ini berlaku selama dua minggu dan kami akan lakukan review kembali di akhir pekan kedua untuk melihat perkembangan," kata Anies di Balai Kota DKI, Sabtu, 14 Maret 2020.
 
Terkait penundaan UN tersebut, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) masih terus berkoordinasi dengan pemprov DKI."Untuk DKI kami sedang koordinasi. Akan segera ada edaran soal penundaan UN ini," kata Doni kepada Medcom.id, Sabtu, 14 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hingga berita ini diturunkan belum ada hasil koordinasi yang diterima Medcom.id. Baik BNSP maupun Kemendikbud belum memberikan keterangan maupun surat edaran soal penundaan UN SMK sederajat di Jakarta.
 
Baca juga:Pemprov DKI Liburkan Sekolah Dua Minggu
 
Saat ini, terdapat 10,6 juta penduduk di Jakarta. Sekitar 1,5 juta adalah anak-anak. Sebanyak 124 ribu siswa kelas 12 SMA/SMK akan mengikuti UN.
 
Untuk Satuan Pendidikan dalam wilayah Pemprov DKI, Anies juga memutuskan agar proses belajar mengajar menggunakan metode pembelajaran jarak jauh. Sebelum menutup sekolah, Anies juga menutup sejumlah obyek wisata.
 
"Tujuan (penutupan) untuk meminimalkan kegiatan warga di ruang-ruang terbuka yang penuh dengan warga," kata Anies, Jumat, 13 Maret 2020.
 
Obyek wisata yang ditutup antara lain Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara, Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta Selatan, dan museum milik Pemprov DKI. Selain itu, Anies juga meniadakan aktivitas seperti Car Free Day (CFD) selama dua pekan.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif