Ilustrasi: Medcom
Ilustrasi: Medcom

Lowongan Kerja Astra International, Tersedia 15 Posisi untuk Fresh Graduate dan Berpengalaman

Medcom • 19 Agustus 2024 12:24
Jakarta: PT Astra International Tbk membuka lowongan kerja bagi fresh graduate dan pelamar yang berpengalaman. Lowongan kerja dibuka untuk 15 posisi mulai dari Venture Building Architect hingga iOS Senior Developer.
 
Melansir laman astra.co.id, Astra merupakan salah satu perusahaan publik terbesar di Indonesia dengan lebih dari 200 anak perusahaan, ventura bersama dan entitas asosiasi, serta didukung lebih dari 200.000 karyawan. PT Astra International Tbk merupakan sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc.
 
Lowongan kerja terbuka untuk fresh graduate dan kandidat dengan berpengalaman terkait lebih diutamakan, berikut rincian kualifikasi umum setiap posisi kerja, dilansir dari laman career.astra.co.id:

Posisi Lowongan kerja:

1. Venture Building Architect

Persyaratan:
  1. Memiliki minimal empat tahun pengalaman kerja dalam pengembangan produk digital/operasional bisnis
  2. Mampu mengimplementasikan design thinking framework dalam pelaksanaan proyek
  3. Menguasai Microsoft Office dan Project Management Office tools
  4. Memiliki pemahaman yang baik terhadap kebutuhan bisnis stakeholder dan implementasi teknologi dalam bisnis digital
  5. Memiliki kemampuan interpersonal dan analisis yang baik
  6. Berorientasi pada detail serta berpengalaman dalam mengelola peluncuran produk digital
  7. Menunjukkan performa yang baik secara konsisten dalam situasi yang cenderung dinamis
Deskripsi Pekerjaan:
  1. Menyusun scope, target, dan output proyek
  2. Merancang rencana dan jadwal pelaksanaan proyek
  3. Mengelola aktivitas dan sumber daya selama pelaksanaan proyek
  4. Memantau dan melaporkan kemajuan proyek
  5. Mengelola potensi risiko dan isu dalam proyek

2. Corporate Advisory Dept Head

Persyaratan:
  1. Memiliki pengalaman minimal delapan tahun
  2. Memiliki pemahaman mendalam dokumen hukum, termasuk agreements, corporate approvals, letters, DoI Forms, dan sebagainya
  3. Mahir berbahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan
  4. Memiliki kecepatan kerja yang baik, terorganisir dan berorientasi pada detail
  5. Memiliki keterampilan komunikasi, negosiasi, presentasi, dan analitis yang kuat
  6. Memiliki integritas dan kehati-hatian dalam mengelola informasi rahasia
  7. Mampu memimpin dan memotivasi tim
  8. Mahir menggunakan komputer (Ms. Office)
Deskripsi Pekerjaan:
  1. Memberikan konsultasi hukum dan rekomendasi kepada pemangku kepentingan tingkat tinggi di Astra Head Office
  2. Menyusun dan meninjau kontrak dan dokumen hukum
  3. Menganalisis dan mengevaluasi relevansi kebijakan dan pedoman hukum terkait Corporate Advisory
  4. Memastikan semua kontrak, dokumen hukum, dan template-template selalu diperbarui dan mematuhi hukum yang berlaku
  5. Mengelola dan membimbing persiapan dokumen-dokumen hukum, termasuk perjanjian, persetujuan perusahaan, PoA, surat-surat hukum, resolusi sirkuler, dan sebagainya
  6. Menetapkan template-template standar untuk kontrak dan dokumen-dokumen hukum
  7. Memberikan pembaruan mengenai regulasi

3. Performance & Reward Management Analyst

Persyaratan:
  1. Sarjana dari berbagai jurusan
  2. Memiliki pengetahuan dasar dalam Human Capital
  3. Berpengalaman di Performance dan Reward lebih disukai
  4. Memiliki kemampuan berpikir logis dengan baik, serta mampu melakukan analisa mendalam
  5. Mampu menjaga kerahasiaan data
Deskripsi Pekerjaan:
  1. Mengumpulkan dan mereview benefit di Astra Group
  2. Terlibat dalam survey mercer untuk gaji dan menganalisis hasil survei
  3. Membuat struktur gaji untuk Astra Group
  4. Mengajukan panduan bonus untuk Astra Group
  5. Support Unit Bisnis terkait dengan Performance dan Reward
  6. Membuat Benefit Mapping, COLA, dan lain-lain

4. Accounting Analyst

Persyaratan:
  1. Lulusan Sarjana atau Master dari jurusan Akuntansi
  2. Memiliki pengalaman kerja dalam bidang akuntansi maksimal dua tahun, terbuka untuk lulusan baru
  3. Memiliki kemampuan analisis dan interpersonal
  4. Mampu bekerja dalam tim
Deskripsi Pekerjaan:
  1. Verifikasi data transaksi di dalam laporan keuangan
  2. Menganalisis laporan keuangan
  3. Corporate Secretary Senior Analyst
Persyaratan:
  1. Memiliki pengalaman minimal enam tahun di area Corporate Secretary
  2. Lancar berbahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan
  3. Memahami dasar-dasar hukum, masalah operasional kesekretarian perusahaan, dan masalah tata kelola perusahaan
  4. Memiliki orientasi pada detail serta kecepatan dan sistematika kerja yang baik
  5. Memiliki keterampilan komunikasi verbal dan nonverbal, negosiasi, presentasi, dan analitis yang baik
  6. Memiliki sikap profesionalitas, proaktif, percaya diri, bertanggung jawab, dan mau belajar
  7. Memiliki integritas dan menghargai kebijaksanaan saat menangani informasi rahasia
Deskripsi Pekerjaan:
  1. Mengelola pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham
  2. Mengelola dokumen perusahaan (daftar saham, DoI, grup portofolio & dokumen perusahaan lainnya)
  3. Memberikan nasihat hukum terkait regulasi pasar modal dan kajian dokumen hukum kepada Astra Head Office dan Astra Group Lainnya (Dokumen Persetujuan Perusahaan, Laporan Tahunan, Laporan Keberlanjutan, dan Laporan Keuangan)
  4. Memberikan update peraturan/permasalahan hukum kepada direksi
  5. Menyusun dan menyampaikan laporan rutin dan/atau insidentil untuk Capital Market Compliance
  6. Mengelola rapat bersama direksi

6. Corporate Secretary Analyst

Persyaratan:
  1. Memiliki pengalaman minimal satu hingga tiga tahun di area Corporate Secretary
  2. Lancar berbahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan
  3. Memahami dasar-dasar hukum, masalah operasional kesekretarian perusahaan, dan masalah tata kelola perusahaan
  4. Memiliki orientasi pada detail serta kecepatan dan sistematika kerja yang baik
  5. Memiliki keterampilan komunikasi verbal dan nonverbal, negosiasi, presentasi, dan analitis yang baik
  6. Memiliki sikap profesionalitas, proaktif, percaya diri, bertanggung jawab, dan mau belajar
  7. Memiliki integritas dan menghargai kebijaksanaan saat menangani informasi rahasia
Deskripsi Pekerjaan:
  1. Membantu pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham termasuk penggunaan sistem KSEI
  2. Mengelola dokumen perusahaan (daftar saham, DoI, grup portofolio dan dokumen perusahaan lainnya)
  3. Memberikan nasihat hukum dan kajian dokumen hukum kepada Astra Head Office dan Astra Group Lainnya (Dokumen Persetujuan Perusahaan, Laporan Tahunan, Laporan Keberlanjutan, dan Laporan Keuangan)
  4. Memberikan update peraturan/permasalahan hukum
  5. Menyusun dan menyampaikan laporan rutin dan/atau insidentil untuk Capital Market Compliance

7. Internal Auditor 2024

Persyaratan:
  1. Memiliki gelar Sarjana S1 atau Magister S2 dari jurusan Akuntansi, Manajemen, Teknik Industri
  2. Memiliki sertifikasi dalam audit dan/atau pengendalian internal sangat diutamakan
  3. Memiliki pengalaman kerja minimal tiga hingga empat tahun dalam bidang terkait
  4. Memiliki kemampuan interpersonal dan analisis yang baik
  5. Memiliki kemampuan organisasi, multi-task, dan follow-up yang baik
  6. Self-starter tetapi juga mampu menjadi anggota tim yang baik
  7. Bersedia ditempatkan di PT Astra International Tbk – Head Office (Sunter & Sudirman), serta melakukan perjalanan dinas ke seluruh wilayah Indonesia (akan sering dinas luar kota untuk posisi Sales Operation Auditor)
Deskripsi Pekerjaan:

Sales Operation Auditor
  1. Mengevaluasi efektivitas pengendalian internal
  2. Bertanggung jawab terhadap ad hoc project yang diberikan
  3. Menyelesaikan kertas kerja audit dan menyiapkan laporan audit
  4. Melakukan pemantauan terhadap implementasi rekomendasi audit
  5. Mengerjakan advisory project untuk memperbaiki proses bisnis dalam lingkup Sales Operation
Astra Group Auditor
  1. Menjalankan keseluruhan aktivitas audit dengan minim supervisi (mandiri)
  2. Melakukan supervisi atas pelaksanaan audit
  3. Menyelesaikan kertas kerja audit dan menyiapkan laporan audit
  4. Melakukan pemantauan terhadap implementasi rekomendasi audit

8. IT Auditor 2024

Persyaratan:
  1. Memiliki gelar Sarjana S1 atau Magister S2 dari jurusan Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, dan lainnya
  2. Memiliki pengalaman kerja minimal satu hingga dua tahun dalam bidang terkait
  3. Memiliki kemampuan interpersonal dan analisis yang baik
  4. Memiliki kemampuan organisasi, multi-task, dan follow-up yang baik
  5. Self-starter tetapi juga mampu menjadi anggota tim yang baik
  6. Bersedia ditempatkan di PT Astra International Tbk – Head Office (Sunter & Sudirman)
Deskripsi Pekerjaan:
  1. Melaksanakan proses audit untuk operasional harian dan proyek IT Audit (misalnya IT General Control, Application Control, IT Security Review)
  2. Bertanggung jawab untuk menyelesaikan dokumen kerja audit dan menyusun laporan IT Audit
  3. Mendukung setiap kegiatan konsultasi dengan Top Management dan Perusahaan Grup Astra misalnya Internal Control Framework (COSO), Standards Audit Practice (IPPF), dan lain-lain

9. People Development Analyst

Persyaratan:
  1. Lulusan Sarjana dari berbagai jurusan
  2. Memiliki pengalaman di bidang talent management/learning/desain program
  3. Mampu menganalisis kebutuhan pengembangan dan mengusulkan program pengembangan yang sesuai
  4. Good interpersonal skill
  5. Kemampuan analisis masalah yang baik
Deskripsi Pekerjaan:
  1. Mendesain, mengimplementasi, dan evaluasi program pengembangan untuk talent G5, Expert, dan HC people Astra Group
  2. Menjalankan inisiatif expert track head office
  3. Memfasilitasi pelaksanaan asesmen/uji sertifikasi BNSP untuk ruang lingkup HC
  4. Pengelolaan trainee program
  5. Membantu business unit dalam menjalankan inisiatif pilar people development (Talent Management, Expert Track, dan Career Management)

10. IT Business Analyst

Persyaratan:
  1. Gelar Sarjana minimal lebih disukai dari jurusan Ilmu Komputer/Sistem Informasi/Teknik/Manajemen Bisnis
  2. Minimal dua tahun berpengalaman di bidang terkait
  3. Memiliki wawasan bisnis yang kuat, mampu mendefinisikan rencana produk dan melakukan analisis mendalam serta desain di bidang tertentu (Prioritisasi Bisnis/MVP, Proposisi Nilai, Perjalanan Pelanggan, Rincian Model Bisnis & Keuangan, Metrik Keberhasilan, Melakukan POC, Spesifikasi Proses Bisnis Rinci (FSD) & Pengembangan Aplikasi)
  4. Berpengalaman dalam lingkungan kerja Agile (Scrum, Kanban, dan lain-lain) pada produk digital (Web/Aplikasi Seluler)
  5. Keterampilan presentasi yang sangat baik (misalnya Infografis)
  6. Terupdate dengan tren dan teknologi terkini
  7. Inovatif, detail, mahir dalam analisis dan berpikir kritis, pemecah masalah, pikiran terbuka, rasa ingin tahu tinggi, fokus pada pelanggan, berusaha untuk keunggulan, komunikasi efektif, pemain tim yang baik, dan manajemen waktu yang baik
Deskripsi Pekerjaan:
  1. Melakukan penelitian tentang tren Bisnis Digital dan Teknologi, mengusulkan Inovasi Digital dengan Proposisi Nilai yang kuat dan Diferensiasi Kunci
  2. Membuat rencana produk individu dan melakukan prioritisasi MVP dengan tim
  3. Mendefinisikan Cerita Pengguna/Jalur Pelanggan, Personas Pengguna, dan membuat kerangka UI/UX bersama tim
  4. Menganalisis dan mendesain persyaratan bisnis/fungsional (BPS/FSD) agar selaras dengan rencana produk digital (Strategi Bisnis dan Prioritisasi/MVP, Proposisi Nilai, Jalur Pelanggan, Model Bisnis dan Keuangan, Metrik Keberhasilan, Melakukan POC, serta Proses Bisnis dan Pengembangan Aplikasi/Backlog)
  5. Bekerja sama dengan yang lain sebagai satu tim Agile: Scrum Master, desainer UI/UX, pengembang, QA/Tester, dan Dukungan Operasional untuk model Pengembangan Agile dan DevOps yang efektif, serta dengan Ilmuwan Data untuk mendefinisikan dan memverifikasi kebutuhan data
  6. Memastikan jaminan kualitas dan dukungan dengan quality asurance (QA) dan dukungan produksi.
  7. Manajemen risiko dan pengendalian

11. IT Governance Lead

Persyaratan:
  1. Gelar Sarjana dari jurusan Teknologi Informasi, Hukum, atau Teknik
  2. Minimal lima tahun bekerja di bidang/posisi serupa
  3. Keahlian dalam Manajemen Kebijakan, Prosedur IT, dan Audit IT
  4. Pengetahuan tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi (ISMS) ISO27001
  5. Kemampuan pengelolaan data dan klasifikasi data; Tata Kelola Proyek
  6. Keterampilan membaca dan menulis serta pelaporan (ringkasan dan presentasi)
  7. Dukungan kepatuhan
Deskripsi Pekerjaan:
  1. Mengelola kerangka kerja tata kelola IT, tetapi tidak terbatas pada ISO 2700X, NIST, ITIL, COBIT, dan kerangka kerja lainnya. Termasuk mengelola dan meninjau kebijakan dan prosedur IT berdasarkan kerangka yang relevan
  2. Secara proaktif bekerja dengan divisi IT lainnya, dan/atau fungsi lain di Kantor Pusat Astra (HO) dan juga Operasi Penjualan (SO) untuk mengimplementasikan praktik terbaik yang sesuai dengan kebijakan, standar, dan prosedur tata kelola IT yang telah ditetapkan, termasuk mengawasi dan memfasilitasi audit internal dan/atau eksternal terhadap lingkup/masalah Organisasi IT
  3. Bertanggung jawab untuk mengkomunikasikan program keamanan siber pemegang saham kepada semua fungsi terkait dan memastikan implementasinya di Astra (baik HO maupun SO) sesuai dengan kebutuhan bisnis dan penerimaan risiko. Selain itu, melakukan pelaporan yang tepat kepada manajemen Astra dan/atau pemegang saham

12. IT Procurement Coordinator

Persyaratan:
  1. Minimal S1 dengan jurusan Manajemen Sistem/ Teknologi Informasi, Teknik Industri, Manajemen Operasional, Administrasi Bisnis, Ekonomi
  2. Memiliki pengalaman kerja di bidang/posisi serupa selama tiga hingga lima tahun
  3. Memahami siklus penuh pengelolaan produk IT Hardware dan Software level korporasi, termasuk proses audit
  4. Kepemimpinan dengan integritas tinggi (jujur, tegas, disiplin, berani mengambil keputusan, dan bertanggung jawab)
  5. Grow mindset: motivasi tinggi, proaktif, terbuka atas input, mandiri, semangat kolaborasi, dan komitmen
  6. Kemampuan analysis judgement dan drive courage di atas rata-rata
  7. Mampu menyampaikan gagasan terstruktur (termasuk dalam presentasi), pandai mengolah data Spreadsheet, struktur tata bahasa baik (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris), dan terbiasa menggunakan sistem komputerisasi (ERP atau yang lain)
  8. Selalu mengembangkan diri dan berinovasi untuk perbaikan proses dan meningkatkan kualitas
  9. Memiliki minat tinggi terhadap industri teknologi (IT)
Deskripsi Pekerjaan:
  1. Koordinasi tim dan bertanggung jawab penuh atas seluruh aktivitas pengadaan barang dan jasa terkait IT sesuai SOP, dari analisis kebutuhan hingga proses validasi penagihan dari vendor, termasuk evaluasi secara komprehensif, presentasi rekomendasi, mendapatkan persetujuan manajemen, administrasi, dokumentasi, dan pelaporan rutin
  2. Kolaborasi dengan bagian-bagian terkait (SOP/governance, accounting, finance, tax, asset, legal, audit, user/requester, manajemen) dalam rangka memastikan kelancaran kegiatan operasional sesuai SOP yang berlaku dan memenuhi target yang ditetapkan
  3. Melakukan sourcing dan menjaga relasi baik dengan vendor/prinsipal, khususnya yang strategis untuk mendapat prioritas dan kualitas deliverable bagi AI dan Grup (scope, time, cost)
  4. Melakukan analisis secara reguler untuk perbaikan dan penyempuraan proses dalam meningkatkan kualitas hasil kerja (deliverable)

13. IT Asset Management Coordinator

Persyaratan:
  1. Minimal S1 dengan jurusan Manajemen Sistem/ Teknologi Informasi, Teknik Industri, Manajemen Operasional, Administrasi Bisnis, Ekonomi
  2. Memiliki pengalaman kerja di bidang/posisi serupa selama empat hingga enam tahun
  3. Memahami siklus penuh pengelolaan produk IT Hardware dan Software level korporasi, termasuk proses audit
  4. Kepemimpinan dengan integritas tinggi: jujur, tegas, disiplin, berani mengambil keputusan dan bertanggung jawab)
  5. Grow mindset: motivasi tinggi, proaktif, terbuka atas input, mandiri, semangat kolaborasi, dan komitmen
  6. Kemampuan analysis judgement dan drive courage di atas rata-rata
  7. Mampu menyampaikan gagasan terstruktur (termasuk dalam presentasi) pandai mengolah data Spreadsheet, struktur tata bahasa baik (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris), dan terbiasa menggunakan sistem komputerisasi (ERP atau yang lain)
  8. Selalu mengembangkan diri dan berinovasi untuk perbaikan proses dan meningkatkan kualitas
  9. Memiliki minat tinggi terhadap industri teknologi (IT)
Deskripsi Pekerjaan:
  1. Koordinasi tim dan bertanggung jawab penuh atas seluruh siklus operasional pengelolaan IT Hardware dari registrasi dan validasi serah-terima, asuransi, inventory/ warehousing, ekspedisi/ kurir, perpindahan, stock taking dan audit cleansing, hingga disposal; berikut seluruh administrasi, dokumentasi, dan pelaporan rutin
  2. Koordinasi tim dan bertanggung jawab penuh atas seluruh siklus operasional pengelolaan IT Software dari registrasi dan validasi serah-terima, repositori sertifikat, perpindahan, license compliance dan audit, cleansing, hingga disposal; berikut seluruh administrasi, dokumentasi, dan pelaporan rutin
  3. Kolaborasi dengan bagian-bagian terkait (SOP, procurement, field support, operation support coordinator, mitra ekspedisi, mitra asuransi, accounting, audit, user/requester, building management/ security) dalam rangka memastikan kelancaran kegiatan operasional sesuai SOP yang berlaku dan memenuhi target yang ditetapkan (SLA)
  4. Melakukan analisis secara reguler untuk perbaikan dan penyempuraan proses untuk meningkatkan kualitas hasil kerja (deliverable), baik akurasi dan integritas data aset, kepatuhan, maupun optimalisasi produktivitas aset

14. Corporate Investor Relation

Persyaratan:
  1. Sarjana ataupun Master dari jurusan Bisnis, Keuangan, Akuntansi, dan sejenisnya dengan kemampuan berbahasa Inggris yang lancar
  2. Memahami kebijakan yang berkaitan dengan bisnis perusahaan
  3. Terbuka bagi lulusan baru, kandidat dengan pengalaman terkait lebih diutamakan
  4. Mampu menjadi representatif yang dapat menjaga kredibilitas perusahaan di dalam komunitas investasi
  5. Memiliki kemampuan interpersonal dan analisis yang baik
  6. Memiliki kemampuan perencanaan dan pemantauan kerja yang baik
Deskripsi Pekerjaan:
  1. Menyiapkan materi publikasi perusahaan (misalnya: press release, presentasi, dan materi komunikasi lainnya)
  2. Memantau, merekapitulasi laporan, serta melakukan analisis terhadap aktivitas capital market
  3. Menyusun analisis kompetitor, financial statement, financial modelling
  4. Memantau penyusunan laporan-laporan tahunan
  5. Mengelola konferensi, investor meeting, dan agenda perusahaan lainnya (misalnya: analyst briefing, public expose)
  6. Membangun dan menjalin relasi dengan berbagai jenis komunitas investasi
  7. Memantau isu sustainability dan memberikan asistensi dalam proses komunikasi terkait isu sustainability
  8. Mengelola konten investor relation pada situs perusahaan 
  9. Memberikan asistensi dalam penyusunan shareholder analysis

15. iOS Senior Developer

Persyaratan:
  1. Pendidikan minimal S1 dari jurusan Teknik Informatika/Elektro
  2. Pengalaman kerja minimal tiga tahun di posisi serupa
  3. Memahami konsep dari OOP programming dengan MVC, MVP, MVVM design patterns
  4. Memiliki pengalaman dalam mengembangkan iOS applications dengan bahasa pemrograman Objective-C / Swift menggunakan beragam Apple devices
  5. Diutamakan yang berpengalaman dengan distribusi aplikasi internal (eg Apple Enterprise Programs), OWASP security implementation, local storage (Core Data, Realmdb), dan Native Access Feature
  6. Memiliki pengalaman dalam memimpin tim development dan code review, unit testing serta code repository
  7. Memiliki kemampuan analisis dan troubleshooting yang memadai
  8. Memiliki kemampuan komunikasi dan presentasi yang memadai
Deskripsi Pekerjaan:
  1. Memimpin, membimbing, dan mengembangkan tim mobile iOS dalam setiap kebutuhan development
  2. Berkolaborasi dengan berbagai tim dalam memfasilitasi kebutuhan tim iOS Development dan dengan end user dalam mencapai requirement
  3. Mengimplementasikan best practices dan mengembangkan framework standar dalam development aplikasi mobile iOS sesuai kebutuhan projek
  4. Menstandarisasi iOS mobile app development, keep update dengan perkembangan OS, dan membuatkan iOS mobile application roadmaps sesuai dengan kebutuhan organisasi
  5. Mengembangkan skill dan knowledge dirinya sendiri serta anggota timnya sesuai dengan kebutuhan organisasi
  6. Mencari & mengajukan solusi serta melakukan analisa cost dan benefit terkait investasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis
Itulah rincian persyaratan dan deskripsi pekerjaan dari 15 posisi yang bisa kamu lamar. Segera persiapkan berkas lamaran dan CV terbaru, serta dokumen pendukung lainnya. Bagi yang tertarik, kamu bisa melamar posisi yang diminati melalui laman career.astra.co.id (Theresia Vania Somawidjaja)
 

Baca juga: Wow! 110 Ribu Lowongan Kerja Tersedia di Naker Fest 2024

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(CEU)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan