UTBK SBMPTN di Unesa. DOK Unesa
UTBK SBMPTN di Unesa. DOK Unesa

Cerita Peserta UTBK di Unesa: Persiapan Jauh Hari Hingga Hadir Lebih Awal Agar Hilangkan Tegang

Renatha Swasty • 19 Mei 2022 16:56
Jakarta: Menghadapi ujian membuat seseorang tegang. Apalagi, mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). 
 
Sebab, UTBK menjadi penentu diterima atau tidaknya peserta di perguruan tinggi tujuan. Serta menjadi salah satu indikator kemampuan peserta. 
 
Ada sejumlah cara yang dilakukan untuk menghilangkan ketegangan. Seperti memantapkan persiapan dengan belajar dan berlatih mengerjakan soal jauh-jauh hari, menenangkan diri dan percaya pada diri sendiri, hingga memilih hadir lebih awal agar tidak tergesa-gesa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satunya, Syifa Nasiratul Toyyibah. Peserta asal Nganjuk tersebut memilih salah satu prodi di Univeristas Airlangga (Unair).
 
Namun, dia memilih Universitas Negeri Surabaya (Unesa) sebagai tempat tes UTBK. Sebab, Unesa lebih dekat dengan rumahnya. 
 
Syifa berangkat dari rumahnya di Nganjuk pukul 03.00 dan menempuh perjalanan sekitar 102 km menuju Unesa. Dia sengaja datang lebih awal agar lebih plong dan ada waktu melihat suasana kampus sembari menenangkan diri. Sehingga, ada motivasi tersendiri menjawab soal dengan maksimal.
 
“Persiapannya belajar soal-soal di internet dan di buku-buku. Semoga hasilnya maksimal dan bisa membawa saya ke jurusan dan kampus yang saya harapkan,” kata Syifa dikutip dari unesa.ac.id, Kamis, 19 Mei 2022. 
 
Sementara itu, peserta asal Bojonegoro, D Bernanda, sudah jauh-jauh hari belajar dan berlatih menjawab soal di rumah. Dia yakin hasil tes sesuai harapan.
 
“Sudah sih belajar jawab soal sebelumnya, tetapi jenis soalnya yang tak pelajari ada yang keluar dan banyak pula yang tidak keluar di UTBK,” cerita dia. 
 
Peserta yang memilih prodi PLB dan PG PAUD di Unesa itu berangkat jam 8.00 dari kediamannya menggunakan sepeda motor dan sampai Surabaya sekitar pukul 12.00.
 
Dia sengaja datang cepat untuk menghindari keterlambatan saat ujian. Bernanda mengikuti tes sesi dua. 
 
“Tesnya lancar dan di perjalanan ke sini pun tadi aman dan lancar. Semoga hasilnya nanti juga bisa lolos lah di Unesa,” harap dia. 
 
UTBK hari pertama di Unesa pada 17 Mei 2022 berjalan lancar dan aman tanpa kendala. Peserta dan panitia taat prokes. Hari pertama UTBK diikuti 1.065 peserta setiap sesi. 
 
“Alhamdulilah lancar dan aman ya. Semoga lancar sampai sesi terakhir,” kata Ketua Satuan Admisi Unesa, Sukarmin.
 
Baca: Gap Year, Peserta UTBK Ini Sebut Soal Tahun Ini Lebih Sulit
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif