Direktur Riset dan Teknologi Pengabdian Masyarakat Kemendikbudristek, Faisal Fathani. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Direktur Riset dan Teknologi Pengabdian Masyarakat Kemendikbudristek, Faisal Fathani. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Kemendikbudristek Kembali Buka Seleksi Bagi Perguruan Tinggi yang Ingin Jadi Pusat Unggulan Iptek

Ilham Pratama Putra • 05 Juli 2022 14:15
Jakarta: Kementerian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali membuka kesempatan pada universitas untuk menjadi Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi (PUI-PT). Ini merupakan program pendanaan riset untuk produk sains.
 
Direktur Riset dan Teknologi Pengabdian Masyarakat Kemendikbudristek, Faisal Fathani, mengatakan kampus yang mengajukan PUI-PT bakal diseleksi. Perguruan tinggi yang lolos seleksi akan mendapatkan pendanaan hingga Rp250 juta per tahun.
 
"Yang memenuhi parameter mendapat Rp150-250 juta per tahun yang berlangsung selama tiga tahun," kata Faisal dalam Sosialisasi Pengajuan Proposal PUI-PT 2022 secara daring, Selasa, 5 Juli 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Faisal menuturkan perguruan tinggi dapat mengirimkan proposal riset ke alamat email puipt@kemdikbud.go.id. Pengiriman proposal ditunggu sampai 10 Juli 2022.
 
Saat ini, 60 PUI-PT sudah terdaftar, sebanyak 19 di antaranya masih mendapat pendanaan. Adapun 4 PUI-PT telah masuk pendanaan di tahun kedua. Sementara itu, 15 PUI-PT di tahun terakhir atau tahun ketiga.
 
"Setelah berjalan tiga tahun, nanti kita akan melakukan evaluasi khusus agar dapat mengeluarkan PUI-PT apakah dilanjutkan tiga tahun lagi atau seperti apa," tutur dia. 
 
Baca juga: Kembangkan Talenta Digital, Ditjen Diktiristek Gelar Pelatihan AI Center untuk Perguruan Tinggi

 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif