Penganugerahan Habibie Award 2019 di Jakarta. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia.
Penganugerahan Habibie Award 2019 di Jakarta. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia.

Menristek Ingin Habibie Award Punya Gengsi Setara Nobel

Pendidikan Penghargaan Pendidikan
Intan Yunelia • 13 November 2019 11:01
Jakarta: Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Brodjonegoro mendorong Habibie Award menjadi agenda rutin nasional yang diselenggarakan setiap tahun. Tak Hanya itu, Penganugerahan bergensi ini diharapkan dapat memiliki gema yang setara dengan penghargaan Nobel.
 
Habibie Award merupakan program utama Yayasan SDM Iptek yang telah diselenggarakan sejak 1999. Habibie Award ini diberikan kepada perseorangan atau badan yang dinilai sangat efektif dan berjasa besar dalam penemuan, pengembangan kegiatan Iptek yang baru dan bermanfaat di masyarakat.
 
Bambang mengapresiasi peran Habibie center, karena Yayasan Iptek ini telah secara konsisten memberikan Habibie Award sejak 1999. Penghargaan ini, menurut Bambang, berhasil memicu semangat bagi para peneliti untuk meneliti dan mengembangkan Iptek, serta Inovasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tahun depan rencananya kita akan angkat award ini tidak hanya menjadi kegiatan Habibie Center dengan Yayasan Habibie Iptek, tapi menjadi kegiatan nasional melalui Kemenristek dan BRIN. Kalau di dunia setiap tahun komunitas tertentu dan orang menunggu siapa pemenang nobel, ada Nobel Fisika, Kimia, Kedokteran, bidang saya ekonomi juga ada. Kami harapkan gema atau dampak seperti itu yang juga bisa dirasakan untuk Habibie Award,” kata Bambang usai menghadiri acara Habibie Award ke-21, di Hotel Le Meredien, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa, 12 November 2019.
 
Ia berharap, dengan dukungan dari pemerintah dan Yayasan Habibie Iptek, penghargaan ini semakin membuat para peneliti semangat berkarya. Tak hanya peneliti yang sudah berumur, namun juga para peneliti muda.
 
“Mudah-mudahan dengan recognition dan dukungan dari pemerintah, kita harapkan peneliti semakin bertambah dan terutama kita ingin mendorong peneliti muda untuk tetap konsisten dan tetap semangat di bidangnya,” ujar Bambang.
 
Peraih Habibie Award
 
Tahun 2019 ini, para peneliti yang memenangkan Habibie Award ke-21 adalah Ivandini Tribidasari Anggraningrum. Ia merupakan guru besar kimia di FMIPA Universitas Indonesia.
 
Ia telah menghasilkan delapan hak paten, tiga diantaranya telah bersertifikat dan lima terdaftar. Sebagian besar penelitiannya mengenai elektrokimia intan terdadah boron dalam penerapannya sebagai sensor dan biosensor.
 
Intan yang di zaman dahulu kala hanya menjadi perhiasan, kini dapat disintesis menjadi bahan untuk mengembangkan teknologi katalis, mengembangkan pencemaran lingkungan dan energi alternatif.
 
Pemenang kedua adalah Adi Utarini, dosen fakultas Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia bersama tim dari World Mosquito Program Yogyakarta berupaya membuktikan terobosan baru untuk menurunkan demam berdarah secara biologis inovatif. Intervensi nyamuk Aedes aegypti yang mampu menghambar replika virus dengue dalam nyamuk, sehingga mengurangi penularan kepada manusia.
 
Ketiga, Tati Erawati Rajab yang merupakan dosen dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia mengembangkan berbagai macam alat kesehatan. Seperti alat bantu rehab medik pascaoperasi, software periksa mata, sistem deteksi dini kanker payudara dan lainnya.
 
Keempat, Eko Prasojo sebagai dekan dari Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (UI). Ia berkontribusi dalam pembangunan ilmu dan praktik pemerintahan melalui tulisan di berbagai jurnal, opini, dan media.
 
Terakhir, I Gusti Ngurah Putu Wijaya, seorang budayawan yang aktif sebagai penulis. Karyanya mempunyai ciri khas unik yaitu 'teror mental' dan saat ini telah merambah ke dunia sinematografi.
 
Kelima, pemenang ini resmi menerima Habibie Award tahun 2019 dan mendapatkan apresiasi hadiah sebebsar USD25.000, sertifikat, dan medali Habibie Award.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif