Rektor IPB, Arif Satria. Foto/Dokumentasi IPB.
Rektor IPB, Arif Satria. Foto/Dokumentasi IPB.

4 Pesan Rektor Saat Wisuda Daring Pertama IPB di 2021

Pendidikan Pendidikan Tinggi Wisuda Perguruan Tinggi IPB
Citra Larasati • 13 Januari 2021 20:44
Jakarta:  Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB University), Arif Satria mewisuda 791 lulusannya untuk pertama kali secara daring di tahun 2021. Wisudawan tersebut terdiri dari 497 lulusan pendidikan sarjana, 97 lulusan Program Pendidikan Profesi Dokter Hewan, 163 lulusan program pendidikan magister dan 34 program pendidikan program doktor.
 
Dalam pidatonya, Arif memberikan empat pesan kepada wisudawan. Ia mendorong agar para lulusan selalu berorientasi pada excellent innovation.
 
Menurutnya, excellent innovation merupakan hal penting yang akan membawa bangsa Indonesia disegani dunia.  Lebih lanjut ia menyampaikan, agar lulusan IPB juga memiliki growth mindset. Sebab kekuatan besar yang dapat mengubah bangsa adalah kekuatan mindset.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan memiliki growth mindset, saat ini situasi zaman cepat berubah maka pola pikir pun harus ikut berubah.  Seperti pernag disampaikan McKinsey, konsultan internasional bahwa suksesnya studi siswa dilihat dari pola pikir siswa itu sendiri.
 
Sehingga penting bagi siswa memiliki growth mindset dengan ciri menjadi pembelajar yang lincah atau tangguh. "Adaptasi terhadap perubahan, menjadi trensetter perubahan, future practise, selalu inisiasi hal baru, selalu berpikir positif. Maka akan hasilkan karya produktif, menghasilkan solusi terhadap permasalahan yang ada dengan excellent innovation. Kita punya optimisme. Percaya diri kita bangun,” ujar Arif, Rabu, 13 Januari 2021.
 
Baca juga:  UGM Beri Keringanan UKT untuk 10 Ribu Mahasiswa Terdampak Pandemi
 
Selain itu, Arif berpesan agar para wisudawan memperkuat identitas sebagai alumni IPB serta bangga kepada almamater. Integritas yang kuat merupakan fondasi agar bisa menjadi orang yang dipercaya.
 
Menurutnya, kekuatan bangsa ada pada kekuatan untuk terus menginspirasi dan menghasilkan inovasi.  “Saya berharap tiga ciri ini yang dapat dipegang teguh alumni yaitu integrasi, inovasi dan inspirasi. Berharap terus bangun jejaring sesama alumni,” imbuhnya.
 
Pesan ketiga adalah agar alumni IPB dapat menciptakan kesempatan. Menurutnya ada tiga tipe orang dalam melihat kesempatan. Yaitu ada yang menunggu kesempatan, ada yang mencari kesempatan dan ada yang menciptakan kesempatan.
 
Tipe yang ketiga inilah, kata Arif, yang akan menjadi pemenang.  Menurutnya bangsa yang besar merupakan sekumpulan orang yang selalu menciptakan kesempatan, punya kreativitas, punya keberanian, integritas, dan percaya diri.
 
Pesan keempat adalah dalam situasi pandemi seperti saat ini, Arif berharap para wisudawan selalu menjaga kesehatan. "Sebab kesehatan juga merupakan modal berkarya, untuk memberikan yang terbaik, menebar manfaat yang akan kita persembahkan untuk orang-orang tercinta, orang tua, guru-guru, bangsa dan negara,” tandasnya.
 
Hal serupa disampaikan Imam Teguh Saptono, Alumni IPB sekaligus Direktur PT Global Itqon Semesta. Ia menyampaikan di era ketidakpastian ini, jika tidak cepat diantisipasi, akan berbahaya. Kemampuan cepat beradaptasi merupakan kunci bertahan.
 
Kecerdasan manusia di masa depan juga ditentukan oleh kemampuan beradaptasinya.  Bahkan ia mengaku telah membuktikan, bahwa alumni IPB sudah teruji dan banyak berkiprah di berbagai bidang seperti pemasaran, keuangan, politik, religi, dan profesi lainnya. 
 
"Saat ini, kiprah alumni banyak ditunggu oleh para pedagang kedelai agar harga lebih stabil, nelayan yang tidak punya modal dan peternak susu agar kualitasnya bagus dan dapat diterima industri. Kehadiran alumni banyak ditunggu untuk membangun cita-cita tersebut. Tinggal bagaimana alumni untuk saling menyatukan gerak langkahnya,” ujarnya. 
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif