Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti. DOK Kemendikbudristek
Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti. DOK Kemendikbudristek

Terima CPNS, Sesjen Kemendikbudristek Ingatkan Kerja Penuh Dedikasi

Pendidikan ASN CPNS Kemendikbudristek
Renatha Swasty • 10 Mei 2022 11:03
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyambut kehadiran 7.242 calon pegawai negeri sipil (CPNS) Tahun 2021. Sekretaris Jenderal (Sesjen), Suharti, mengingatkan ketatnya persaingan selama proses seleksi merupakan tantangan agar CPNS terpilih dapat berkinerja baik dan penuh dedikasi dalam melaksanakan tugas kedinasan di unit kerja masing-masing.
 
“Selamat datang CPNS Kemendikbudristek. Tugas kalian tidak mudah tapi di sini kalian bisa berkontribusi luar biasa untuk memastikan sektor pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi di Indonesia berjalan dengan baik. Berkinerjalah dengan baik dan laksanakan tugas dengan penuh dedikasi,” kata Suharti saat menyambut kehadiran CPNS di lingkungan Sekretariat Jenderal dikutip dari keterangan tertulis, Selasa, 10 Mei 2022.
 
Suharti berharap CPNS bekerja tidak hanya sekadar mengisi lowongan pekerjaan. Tapi, juga tulus berbakti kepada bangsa dan negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan idealnya seorang pegawai tidak hanya sekadar melakukan pekerjaan berdasarkan instruksi pimpinan. Namunn, memiliki inisiatif memberi gagasan dan penguatan di satuan kerja masing-masing.
 
“Saya betul-betul meminta kalian bekerja proaktif. Bawalah hal positif yang kalin ketahui dari luar untuk dibahas, diterapkan, dan dikembangkan bersama di sini,” tutur dia.
 
Suharti yakin kehadiran SDM muda dapat mewarnai iklim kerja di Kemendikbudristek menjadi semakin dinamis baik dari segi pola pikir maupun semangat baru dalam menunjang profesionalisme kinerja. Dia mengimbau CPNS untuk bekerja dengan penuh tanggung jawab.
 
“Saya ingin kalian menganggap tugas sebagai tantangan dan suatu apresiasi (dari pimpinan). Respons semua itu dengan sikap positif,” ujar dia.
 
Sementara itu, Suharti meminta pimpinan satuan kerja Kemendikbudristek membina CPNS. Hal itu agar CPNS dapat tumbuh dan berkembang menjadi pegawai andal.
 
“Selamat bekerja dan tunjukkan bahwa kalian adalah terbaik dari yang terbaik,” tutur dia.
 
Sebelumnya, CPNS telah melalui serangkaian proses seleksi mulai dari Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar, dan Seleksi Kompetensi Bidang yang diselenggarakan nasional dari Juli sampai Desember 2021. Adapun, hasilnya telah diumumkan melalui pengumuman Nomor 6164/A.A3/KP.01.00/2022 tentang Pengumuman Hasil Akhir Pasca Sanggah pada Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2021.
 
Kepala Biro SDM, Dyah Ismayanti, menyampaikan CPNS Sekretariat Jenderal yang hadir melalui luring 106 orang dan melalui daring satu orang yaitu dari Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan dan Kebudayaan. Adapun tiga CPNS pengganti masih dalam proses pengusulan dan penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) di Badan Kepegawaian Negara (BKN).
 
“Selanjutnya, CPNS akan diserahkan kepada masing-masing pimpinan unit kerja di lingkungan Sekretariat Jenderal untuk dapat segera dimanfaatkan kemampuan dan keahlian, dan keterampilannya. Dalam satu tahun ke depan CPNS akan melaksanakan masa percobaan dan prajabatan sebagai syarat yang harus dilaksanakan sebelum dapat diangkat menjadi PNS,” tutur dia.
 
Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana, Mustangimah, menekankankan CPNS perlu segera bertransformasi menerapkan nilai-nilai dasar yang disingkat “Berakhlak”. Yaitu berorientasi pada pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.
 
“Setelah menjadi CPNS, kalian harus bertransformasi menerapkan nilai-nilai tersebut. Sebagai panduan perilaku, kalian harus tanamkan, terapkan, dan kembangkan,” tegas dia.

Berikut rincian pentempatan 7.242 CPNS di Kemendikbudsristek:

  1. Sekretariat Jenderal (Setjen): 110 CPNS
  2. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK): 76 CPNS
  3. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen Paudikdasmen): 102 CPNS
  4. Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi):
  5. 54 CPNS
  6. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek): 41 CPNS
  7. Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan: 136 CPNS
  8. Inspektorat Jenderal (Itjen): 11 CPNS
  9. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP): 24 CPNS
  10. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa): 77 CPNS
  11. Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia: 6.611 CPNS.
Salah satu CPNS yang diterima di Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM) sebagai pengolah informasi media ialah Rendy Manorek. Dia mengaku motivasi mendaftar di Kemendikbudristek berasal dari diri sendiri dan keluarga.
 
“Meski saya belum pernah bekerja di pemerintahan, saya ingin mencoba hal baru untuk bekerja yang dampaknya dapat dirasakan langsung masyarakat,” kata Rendy yang sebelumnya bekerja selama enam tahun di perusahaan swasta.
 
Sementara itu, Dita Nursalam yang diterima sebagai penyusun program dan anggaran di Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) sangat bersyukur bisa diterima bekerja di Kemendikbudristek. “Sebuah pengalaman baru dan tantangan baru, saya ingin mengimplementasikan ilmu dan pengalaman bekerja saya sebelumnya untuk berpartisipasi dalam kebijakan kementerian,” ujar Dita yang selama lima tahun terakhir bekerja sebagai akuntan.
 
Baca: Perhatikan, Ini Perubahan Syarat Pendaftaran Beasiswa LPDP 2022
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif