Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id.

Surat Bermaterai Ampuh Tangkal Siswa Tak Sesuai Domisili

Pendidikan Sistem Zonasi PPDB 2019
Rhobi Shani • 27 Juni 2019 13:04
Jepara: Calon siswa yang menggunakan surat keterangan domisili diminta mengisi surat pernyataan bermeterai. Hal itu dilakukan guna mencegah penggunaan surat keterangan domisili tak sesuai dalam penerimaan siswa didik baru (PPDB) Sekolah Menengah Atas (SMA).
 
Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Jepara, Udik Agus DW menyampaikan, saat proses verifikasi berkas pengajuan token, calon siswa yang menyertakan surat keterangan domisili diminta mengisi surat pernyataan. Aturan itu memang tidak tertulis. Namun, cukup efektif mencegah penggunaan surat keterangan domisili tak sesuai.
 
“Buktinya (surat pernyataan) membuat sejumlah calon siswa berguguran tidak jadi menggunakan surat keterangan.,” ujar Udik yang juga menjabat Kepala SMA Negeri 1 Jepara, kepada Medcom.id, Kamis, 27 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah mengisi surat pernyataan, jika terbukti surat keterangan domisili yang digunakan tidak sesuai maka akan mendapat sanksi dikeluarkan dari sekolah. Sampai saat ini baru empat calon siswa yang menggunakan surat keterangan domisili mendaftar di SMA Negeri 1 Jepara.
 
“Seperti tahun lalu. Awalnya yang menggunakan surat keterangan tidak mampu (SKTM) banyak, begitu kami kami kumpulkan diberi pemahaman banyak yang mengundurkan diri. Kalau tahun ini langsung kami sodori surat pernyataan,” kata Udik.
 
Ada dua jenis surat keterangan domisili. Yaitu, surat keterangan yang dikeluarkan rukun tetangga (RT) diketahui pemerintah desa dan surat keterangan domisili yang dikeluarkan desa.
 
Senada disampaikan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tahunan, Bambang Supriyanto. Sampai saat ini belum ditemukan calon siswa yang memverifikasi pendafataran PPDB yang menggunakan surat keterangan domisili.
 
“Kalau KK (Kartu Keluarga) baru ada. Tapi setelah kami melakukan penelusuran ternyata, tidak ada perubahan data dengan KK lama,” ungkap Bambang.
 


 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif