Kampus UI. Foto: Dok. UI
Kampus UI. Foto: Dok. UI

Penerimaan Mahasiswa Baru

UI Alokasikan 50% Kuota Lewat Jalur Mandiri

Pendidikan sbmptn Jalur Mandiri Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia PTN SIMAK UI SNMPTN 2022
Ilham Pratama Putra • 06 Januari 2022 13:40
Jakarta: Universitas Indonesia (UI) menjadi salah satu perguruan tinggi favorit di Indonesia. Hal itu membuat persaingan masuk UI menjadi ketat, utamanya saat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).
 
Staf Penerimaan Mahasiswa Baru UI, Mikael Januardi Ginting mengatakan kuota untuk SNMPTN dan SBMPTN memang terbatas. Namun pihaknya memberikan jalur dengan kuota yang lebih besar pada jalur mandiri.
 
"SNMPTN kan 20 persen, dan SBMPTN 30 persen. Kita tetap mengadakan jalur Simak UI tahun 2022 dengan kuota 50 persen," kata Ginting dalam Sosialisasi SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Masuk UI 2022, Kamis, 6 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu pihaknya juga bakal membuka jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB). Namun jadwal lengkap Simak UI dan PPKB tersebut belum bisa ia sampaikan.
 
"Jadi sedang dalam rencana. Secara teknis kurang lebih sama dengan tahun 2021," terangnya.
 
Khusus jalur Simak UI, para pendaftar wajib memiliki nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN 2022. Yang jelas Simak UI akan digelar setelah UTBK SBMPTN 2022.
 
Baca juga:  Catat, Ini Jadwal Penting SNMPTN dan SBMPTN 2022
 
Sedangkan di jalur PPKB para peserta harus menyiapkan portofolio prestasi. Pihaknya pun masih membicarakan lebih lanjut skema PPKB tahun ini.
 
"Kalau portofilo ya seperti prestasi juara kompetisi nasional maupun internasional. Ini semua masih dalam pembahasan," tutupnya.

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif