Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Tahun 2020. Zoom
Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Tahun 2020. Zoom

Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Fokus Tingkatkan Kompetensi SDM

Pendidikan Kualitas Pendidikan
Muhammad Syahrul Ramadhan • 28 Juli 2020 12:17
Jakarta: Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Lembaga Administrasi Negara (LAN) menggelar Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XV Tahun 2020. Kegiatan bertujuan membangun kepemimpinan strategis guna mewujudkan pendidikan yang berkualitas.
 
"Perlu kiranya membangun kepemimpinan yang strategis untuk pendidikan yang berkualitas dan sumber daya manusia unggul," kata Sekjend Kemendikbud Ainun Na’im dalam acara pembukaan PKN Tingkat II Angkatan XV 2020, Selasa, 28 Juli 2020.
 
Ia melanjutkan, PKN tetap digelar di tengah pandemi virus korona (covid-19) sebagai langkah nyata peningkatan sumber daya manusia Indonesia yang unggul. Kegiatan diharapkan membentuk profesionalisme dan kematangan sikap individu guna pembangunan manusia dan nasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Profesionalisme membentuk sikap dan perilaku yang tangguh, sementara kepribadian yang tangguh merupakan prasyarat," ujarnya.
 
Sementara itu, Kepala Pusdiklat Kemendikbud Amurwani Dwi menyampaikan PKN tingkat II bertujuan untuk meningkatkan kompetensi. Harapannya, bisa menciptakan pegawai yang memenuhi standar kompetensi manajerial jabatan tinggi pratama.
 
Kompetensi yang dikembangkan yakni kepemimpinan strategis dengan kompetensi manajerial untuk menjamin akuntabilitas jabatan. Diharapkan muncul alternatif kebijakan yang menghasilkan solusi, dan tercapainya hasil kerja unit yang selaras dengan tujuan organisasi.
 
"Terwujudnya pengembangan strategi yang terintegrasi untuk mendukung tercapainya tujuan organisasi dan mewujudkan kapabilitas pada unit kerja untuk mencapai outcome organisasi," terangnya.
 
Baca:Fasilitasi Dosen Raih Doktor, Ditjen Dikti Gelar Talent Scouting
 
Sementara itu, Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto menuturkan PKN ini merupakan bagian untuk mewujudkan birokrasi yang berkelas dunia. Cita-cita itu tidak bisa tercipta begitu saja.
 
"Kita harus buktikan secara nyata langkah-langkah kita mengaraha ke sana, dan birokrasi berkelas dunia tidak pernah akan terwujud kalau SDM nya tidak berkelas dunia, terutama ASN, Polri dan seterusnya," jelasnya.
 
Peserta yang mengikuti PKN Tingkat II Angkatan XV Tahun 2020 sebanyak 60 orang. Sebanyak 51 di antaranya merupakan pejabat di lingkungan Kemendikbud, tiga orang masing-masing dari Pemda Kota Bekasi, Kota Pontianak dan Kota Subang. Lalu, lima orang dari Kepolsian Republik Indonesia dan satu dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).
 
Peserta berasal dari pejabat Dwi Pratama serta pejabat administrator yang telah dinyatakan lulus untuk mengikuti pelatihan PKN tingkat II. Pelatihan sendiri dilakukan dengan sistem blended learning. Tahap pertama daring (28 Juli-12 Agustus 2020), tahap dua luring di instansi masing-masing (13-30 Agustus 2020), tahap ketiga klasikal (31 Agustus-10 September 2020), tahap keempat implementasi proyek perubahan (11 September-7 November 2020), tahap akhir klasikal (9-14 November) 2020.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif