Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Perpustakaan Unsoed Sabet Akreditasi A

Arga sumantri • 01 November 2021 10:57
Purwokerto: Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) meraih akreditasi A. Capaian ini disebut jadi bukti UPT Perpustakaan Unsoed mampu terus tumbuh dan beradaptasi dengan perkembangan zaman.
 
Kepala UPT Perpustakaan Unsoed Djoko Prasetyo mengatakan, proses akreditasi UPT Perpustakaan memerlukan persiapan yang cukup menguras tenaga. Dimulai dari proses penyusunan borang akreditasi dan pengumpulan bukti fisik yang mendukung komponen dan indikator kunci. 
 
"Hal tersebut diperlukan persiapan yang cukup memakan waktu, tenaga dan pikiran," ungkap Djoko mengutip siaran pers Unsoed, Senin, 1 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan, berkat keuletan dan keseriusan seluruh staf UPT Perpustakaan ditambah dukungan pimpinan universitas, pada April 2021 penyusunan Borang Akreditas dapat diselesaikan. Selanjutnya, dikirim ke Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional di Jakarta. 
 
"Sampai akhirnya di bulan ini sertifikat akreditasi A kami terima," jelasnya.
 
Baca: Tim Robotika Unsoed Masuk 5 Besar Kompetisi Robot Tingkat Nasional
 
Perpustakaan perguruan tinggi merupakan unit yang bertugas memberikan pelayanan jasa informasi ilmiah kepada sivitas akademika dan masyarakat umum. Terdapat dua jenis layanan, yaitu layanan teknis dan pemustaka.
 
Sesuai Pasal 11 Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, maka perlu disusun standar untuk meningkatkan kualitas berbagai jenis perpustakaan. Meliputi standar koleksi, sarana prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan, serta komponen penguat. 
 
Untuk memberikan penilaian dalam proses akreditasi di UPT Perpustakaan Unsoed dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Perguruan Tinggi, yaitu dengan Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi. 
 
Komponen dan Indikator Kunci Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi yang dinilai adalah kompenen koleksi, sarana prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan, serta komponen penguat.  Standar ini memiliki masing-masing indikator dan komponen dan indikator ini memiliki bobot nilai yang berbeda-beda.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif