Ilustrasi/MI
Ilustrasi/MI

Mata Pelajaran Biologi

Unggas Hingga Reptil, Ini 6 Contoh Hewan Ovipar

Medcom • 28 Juni 2022 17:27
Jakarta:  Berkembang biak merupakan salah satu ciri makhluk hidup. Untuk itu, setiap makhluk yang bernyawa sudah pasti akan memperbanyak spesiesnya, tak terkecuali hewan.
 
Namun, proses perkembangbiakkan tiap jenis hewan tidaklah sama. Perkembangbiakkan itu dibedakan menjadi tiga cara, yakni ovipar, vivipar, dan ovovivipar.  Artikel kali ini akan berfokus pada pembahasan mengenai ovipar.

Apa itu Hewan Ovipar:

Melansir laman Katalogue, hewan ovipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur.  Hewan yang berkembang biak dengan cara ini mulanya akan memproduksi telur dalam tubuh. Telur tersebut berisi embrio yang diselimuti oleh cangkang bertekstur lunak, namun sebagian telur ada pula yang bertekstur keras.
 
Embrio lantas dikeluarkan dari tubuh sang induk, kemudian dierami sampai menetas. Bayi hewan yang baru menetas ini tidak menyusu kepada induknya sebagaimana manusia, sebab hewan ovipar tidak memiliki kelenjar susu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain tidak memiliki kelenjar susu, hewan ovipar juga memiliki ciri khas lain. Di antaranya, tidak memiliki daun telinga, tidak memiliki kelenjar susu, memiliki bulu yang tebal, berdarah panas, dan selalu mengasuh anaknya.
 
Berdasarkan ciri-ciri tersebut, berikut adalah enam contoh hewan ovipar:

1. Unggas

Unggas merupakan jenis hewan kelompok burung yang berkembang biak dengan cara ovipar. Telur unggas bahkan banyak yang sengaja dikembangbiakkan untuk dikonsumsi manusia.
 
Beberapa contoh hewan unggas yang berkembang biak dengan cara bertelur antara lain burung beo, gagak, pelican, kolibri, burung dara, ayam, bebek, itik, angsa, dan sebagainya.

2. Arthropoda

Arthropoda merupakan jenis hewan yang berkaki banyak dan beruas. Contoh hewan arthropoda yang berkembiang biak dengan cara ovipar ialah laba-laba, kepiting, lobster, udang, dan sebagainya.

3. Ikan

Hampir semua jenis ikan berkembang biak dengan cara bertelur. Hewan ini melakukan reproduksi di air, kemudian mengeluarkan telur dalam jumlah banyak.
 
Namun, tak semua ikan berkembang biak dengan cara demikian. Hiu, misalnya, hanya 40 persen spesiesnya yang mengeluarkan telur dari tubuhnya. Sebagian besar hiu justru menyimpan telur di dalam tubuhnya.
 
Beberapa contoh ikan yang berkembang biak dengan cara ovipar, di antaranya ikan lele, ikan emas, ikan tuna, ikan nila, ikan mujair, ikan lohan, hiu zebra, hiu karpet, hiu bambu, swell shark, catshark atau hiu kucing, horn shark, hiu bullhead, dan post Jackson.

4. Amfibi

Amfibi adalah jenis hewan yang hidup di dua alam, yakni di darat dan air. Jenis hewan ini melakukan reproduksi dengan cara fertilisasi eksternal, sehingga telurnya akan dilepas di air.

5. Reptil

Perkembangbiakkan hewan reptil dimulai dengan melakukan proses perkawinan antara induk jantan dan betina. Selanjutnya, induk betina akan bertelur.
 
Contoh binatang reptil yang bertelur adalah cicak, ular, kadal, bunglon, tokek, kura-kura, buaya, dan biawak.

6. Mamalia dari jenis Montremata

Monotremata merupakan salah satu keluarga mamalia. Namun, monotremata tidak mengandung anaknya di dalam rahim, melainkan dengan bertelur atau ovipar.
 
Meski begitu, ciri-ciri montremata sama seperti mamalia pada umumnya. Yakni berdarah panas dengan kadar metabolik yang tinggi, tubuhnya berambut, memiliki kelenjar susu, memiliki tulang tunggal pada rahang bawahnya, dan memiliki tiga tulang telinga tengah.
 
Beberapa contoh montremata ialah platypus, echidna (Tachyglossus sp.), dan cungur bebek (Ornithorynchus sp).
 
Baca juga: Mengenal Membran Sel dari Telur Asin: Pengertian, Fungsi, dan Komponen Penyusun

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif