Adapun, prodi paling favorit, yakni Ilmu Komunikasi (FISIP), Psikologi (Fakultas Psikologi), Manajemen (FEB), Hubungan Internasional (FISIP), dan Administrasi Bisnis (FISIP). Teguh menuturkan prodi-prodi favorit tersebut sudah lama dikenal masyarakat.
Dia mengatakan prodi itu dipilih calon mahasiswa karena dipandang memiliki banyak peluang kerja di bidang pemerintahan, industri, media, maupun teknologi. Teguh menuturkan sektor pekerjaan di Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, dan Administrasi Bisnis adalah sektor-sektor yang cepat atau mudah terserap di pekerjaan.
Sehingga, keyakinan peminat prodi tersebut merupakan prodi laris di pasaran, cepat mendapatkan pekerjaan, dan cepat memberikan hasil positif setelah belajar. Hal itu, kata dia, menjadi prestasi bagi Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, dan Administrasi Bisnis.
Selain itu, faktor peringkat dan prestige, di mana mereka yang diterima di prodi-prodi favorit juga melihat akreditasi. Misalnya, Ilmu Komunikasi telah terakreditasi internasional sehingga tingkat kepercayaan semakin tinggi.
“Kami akan selalu berbenah dan memperbaiki diri, baik dari aspek kurikulum, kompetensi, hasil pembelajaran maupun aspek jaringan di dalam pekerjaan," tutur Teguh.
Dia bangga dan berterima kasih karena apresiasi publik semakin meningkat. Dia menuturkan Ilmu Komunikasi yang menjadi peringkat pertama sebagai pilihan favorit tentunya memiliki jaringan yang luas, memiliki sumber daya manusia, dan fasilitas yang bagus dengan karakter-karakter kepemimpinan yang baik.
"Kami kira tidak salah jika Ilmu Komunikasi menjadi The First Choice untuk jalur Sosial Humaniora,” tutur Teguh.
Terpenting, kata dia, saat ini membuat strategi atau upaya untuk turut serta mempromosikan Undip agar semua prodi menjadi favorit. Mislanya, menggunakan media sosial sebagai bentuk promosi, mahasiswa dan dosen menjadi representasi dari prodi-prodi.
Dia mendorong mahasiswa membuat film dan video pendek yang kemudian diunggah di media sosial, seperti Facebook, YouTube, dan Instagram yang kemudian diakses banyak orang. Prodi-prodi dapat menggunakan cara anak-anak milenial dalam mempromosikan prodi guna meningkatkan animo masyarakat.
“Setelah diterima di Undip, kami berharap agar lebih serius belajar, masuk kuliah itu sebagai awal merenda masa depan dan hal yang tak kalah penting adalah dalam proses pembelajaran,” kata Teguh.
Baca juga: Undip Terima 3.258 Orang dari Jalur SBMPTN, Terfavorit Ilmu Komunikasi Hingga Farmasi |
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News