NEWSTICKER
Ilustrasi. Foto:  Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Biaya Perawatan dan Tes Covid-19 Gratis di Unair, Cek Ketentuannya

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 19 Maret 2020 15:23
Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menunjuk Rumah Sakit Universitas Airlangga (RS Unair) sebagai rujukan untuk melakukan tes virus Korona atau coronavirus disease (covid-19). Untuk itu, segala biaya pemeriksaan hingga perawatan terkait covid-19 di RS Unair tersebut bakal ditanggung pemerintah.
 
"Perawatan pasien covid-19, dan pemeriksaan laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) covid-19 yang dilakukan RS Unair bersama Lembaga Penyakit Tropis (ITD) Unair akan ditanggung pemerintah," kata Rektor Unair, Mohammad Nasih kepada Medcom.id, Kamis 19 Maret 2020.
 
Namun, untuk saat ini, berdasarkan keputusan Menkes pula, terdapat ketentuan pemeriksaan dan perawatan. Sementara yang ditanggung pemerintah ialah Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang telah ditetapkan dokter RS Unair.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Riset Dimulai, Unair Optimistis Segera Temukan Vaksin Korona
 
Nasih menyebut, apabila ada masyarakat yang menginginkan pemeriksaan terkait covid-19, atas permintaan sendiri maka diberlakukan tarif khusus. Saat ini pihaknya belum bisa menentukan tarif tersebut.
 
Saat ini sudah tersebar selebaran berisi besaran biaya layanan covid-19 di RS Unair. Mulai dari Rp540 ribu hingga Rp2,7 juta. Namun, Nasih menyebut besaran biaya tersebut masih berupa draf.
 
"Dapat kami sampaikan bahwa pemberitahuan yang beredar tersebut masih bersifat draf dan belum diberlakukan," jelasnya.
 
Nasih belum mau membeberkan besaran biaya pemeriksaan mandiri itu. Pihaknya masih akan fokus pada penanganan ODP dan PDP.
 
"Kapasitas kami terbatas. Tentu kami harus fokus," pungkasnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif