Dikutip dari panduan MPLS Ramah 2025 jenjang SMP, salah satu kegiatan interaktifnya dalam MPLS Ramah adalah diseminasi Gerakan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat (GTKAIH). Kegiatan dikemas dengan cara menyenangkan.
Kegiatan GTKAIH
Bernyanyi dan Beraksi
- Setelah sesi paparan materi, guru menginstruksikan murid untuk duduk nyaman dan siap berinteraksi;
- Guru menjelaskan sesi kegiatan ini sebagai media belajar untuk memahami GTKAIH dengan cara yang seru menyenangkan melalui lagu-lagu pada Album Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat.
- Guru memilih 3 (tiga) video klip yang akan diputar dari Album Lagu GTKAIH.
- Selama lagu diputar, guru mengajak murid untuk ikut bernyanyi
- dan melakukan aksi/gerakan sederhana sesuai lirik atau pesan lagu;
Contoh: “Bangun Pagi” (gerakan meregangkan tubuh), “Ayo Olahraga” (gerakan melompat sambil membuka kaki dan mengangkat tangan ke atas secara bersamaan, menyerupai bintang saat dilihat dari atas), “Beda tapi Satu” (gerakan saling merangkul teman), dan sebagainya (disesuaikan dengan kreativitas guru dan murid).
Baca juga: Link Download Panduan MPLS Ramah 2025 Jenjang SMP dan SMA, Klik di Sini |
Beraksi dan Berkarakter
1. Guru membagikan sticky note atau kertas HVS yang telah dipotong kepada masing-masing siswa;2. Guru meminta murid untuk membuat kelompok (setiap kelompok terdiri dari 3-5 orang murid);
3. Guru meminta murid untuk mengisi hal-hal berikut:
a) Kebiasaan baik dari 7 Kebiasaan Anak Indonesia
Hebat yang sudah dilakukan selama ini;
b) Cara mempraktikkannya;
c) Manfaat yang dirasakan;
d) Tantangan untuk konsisten melakukannya.
4. Murid menuliskan jawabannya di sticky note atau kertas HVS dan menempelkannya di kertas plano atau papan tulis (1 kertas plano untuk masing-masing kelompok);
5. Guru meminta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya;
6. Guru memberikan umpan balik dan refleksi terhadap apa yang disampaikan oleh masing-masing kelompok.
Contoh pertanyaan refleksi:
a) Dari diskusi kelompok tadi, kebiasaan baik apa dari “Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat” yang menurutmu paling sering kamu lakukan dan paling mudah untuk dipertahankan? Mengapa?
b) Kebiasaan mana yang menurutmu paling sulit untuk kamu praktikkan secara konsisten dalam kehidupan sehari-hari? Apa alasannya?
c) Setelah mendengar presentasi teman-teman, adakah cara baru yang kamu temukan untuk mempraktikkan kebiasaan baik yang belum pernah terpikirkan sebelumnya?
Link Lagu Gerakan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat
Album lagu Gerakan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat ini bisa dilihat di kanal YouTube Cerdas Berkarakter Kemendikdasmen RI. Atau bisa klik di tautan ini.
MPLS Ramah 2025
Masa Pengenalan Lingkungan Satuan Pendidikan (MPLS) Ramah adalah kegiatan pertama bagi murid baru yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk menumbuhkan dan memperkuat karakter serta profil lulusan melalui pengenalan warga, kurikulum, dan lingkungan yang dirancang dengan memuliakan dan menghormati hak anak melalui pemberian pengalaman belajar yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News