Kampus UIN Jakarta. Foto: UIN Jakarta/humas
Kampus UIN Jakarta. Foto: UIN Jakarta/humas

PMB SMM PTN-Barat 2022, UIN Jakarta Sediakan Kuota 184 Kursi

Citra Larasati • 22 Maret 2022 18:13
Jakarta:  Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah atau UIN Jakarta mengalokasikan sedikitnya 184 kursi atau sekira 30 persen pada penerimaan mahasiswa baru (PMB) jalur SMM PTN-Barat. Jumlah kuota kursi tersebar di 26 program studi (prodi) umum yang ditawarkan.
 
PMB UIN Jakarta tahun akademik 2022/2023 jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Indonesia Bagian Barat (SMM PTN-Barat) akan dibuka mulai 1 April hingga 27 Juni 2022 mendatang. Peserta seleksi diikuti oleh 25 PTN yang ada di wilayah Indonesia bagian barat.
 
Siaran pers Humas UIN Jakarta menyebutkan, sesuai SK Rektor UIN Jakarta No. 28 Tahun 2022, kuota yang sediakan di jalur SMM PTN-Barat sebesar 184 kursi atau 30 persen dari total PMB. Angka kuota SMM PTN-Barat ini lebih sedikit dibanding dari empat jalur seleksi lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Prodi yang ditawarkan di UIN Jakarta meliputi kelompok Sains dan Teknologi (Saintek) dengan jumlah 14 prodi dan Sosial Humaniora (Soshum) dengan jumlah 12 prodi.  Rincian jumlah kuota pada masing-masing prodi itu adalah kelompok Saintek meliputi Agribisnis sebanyak 6 kursi, Teknik Informatika (6 kursi), Sistem Informasi (5 kursi).
 
Kemudian Matematika (4 kursi), Biologi (4 kursi), Kimia (6 kursi), Fisika (4 kursi), Kesehatan Masyarakat (6 kursi), Farmasi (6 kursi), Ilmu Keperawatan (6 kursi), Pendidikan Dokter (3 kursi), Pendidikan Kimia (5 kursi), Pendidikan Matematika (5 kursi), dan Teknik Pertambangan (4 kursi).
 
Sementara kelompok Soshum, Akuntansi sebanyak 8 kursi, Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (6 kursi), Ilmu Hubungan Internasional (6 kursi), Jurnalistik (24 kursi), Psikologi (10 kursi), Manajemen (8 kursi), Kesejahteraan Sosial (18 kursi), Sosiologi (6 kursi), Ilmu Hukum (8 kursi), Ilmu Perpustakaan (7 kursi), Ilmu Politik (6 kursi), serta Bahasa dan Sastra Inggris (7 kursi).
 
Seperti diketahui, SMM PTN-Barat merupakan sistem seleksi bersama yang diikuti oleh 25 PTN di wilayah Indonesia bagian barat. Sistem seleksi ini terbuka untuk calon mahasiswa lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat dan paket C jurusan IPA dan IPS.
 
Baca juga:  SMMPTN-Barat 2022 Diluncurkan, Cek Syarat dan Daftar PTN Pilihannya
 
Pada jalur ini, calon mahasiswa dapat memilih sebanyak–banyaknya dua pilihan prodi pada satu PTN atau lebih. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
 
Seleksi jalur SMM PTN-Barat akan digelar pada 30 Juni-14 Juli 2022 secara offline melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Adapun lokasi ujian dipilih berdasarkan lokasi PTN terdekat dengan calon mahasiswa.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif