Peluncuran video animasi pembelajaran literasi numerasi: Petualangan Glen dan Bina Bersama Cican. DOK Kemendikbudristek
Peluncuran video animasi pembelajaran literasi numerasi: Petualangan Glen dan Bina Bersama Cican. DOK Kemendikbudristek

Yuk, Belajar Bersama di Petualangan Glen dan Bina Bersama Cican

Media Indonesia.com, Faustinus Nua • 26 September 2022 09:49
Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan video animasi pembelajaran literasi numerasi: Petualangan Glen dan Bina Bersama Cican. Bahan pembelajaran itu merupakan komitmen Badan Bahasa menumbuhkan dan mengembangkan budaya literasi anak-anak Indonesia, mulai dari anak usia dini.
 
Kepala Badan Bahasa E Aminudin Aziz mengatakan metode pembelajaran pada anak-anak sangat beragam. Mulai dari membaca, menyimak, hingga menonton. 
 
Aminudin menyebut semua itu baik dan sangat mendukung peningkatan literasi pada anak. Tahun ini, pihaknya membuat bahan penguatan literasi berbentuk video animasi pembelajaran literasi numerasi untuk anak usia dini dan SD kelas awal. Video animasi tersebut diberi judul 'Petualangan Glen dan Bina Bersama Cican'.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Konsep video animasi ini yaitu menggabungkan antara cerita petualangan, belajar literasi numerasi, serta bernyanyi bersama. Dengan demikian, video animasi ini menarik bagi anak, mampu melatih kognitif anak, menambah pengetahuan anak, dan mampu mengajarkan nilai budi pekerti kepada anak tanpa harus mendikte anak,” kata Aminudin dikutip dari Media Indonesia, Senin, 26 September 2022. 
 
Aminudin menyebut pihaknya perlu dan penting membuat bahan penguatan literasi bagi anak dalam bentuk video animasi. Mengingat, penumbuhan dan pengembangan budaya literasi numerasi (terutama pada anak usia dini) akan lebih mudah melalui media audio visual yang menarik.
 
“Akhirnya, kami berharap video animasi pembelajaran literasi numerasi 'Petualangan Glen dan Bina Bersama Cican' ini dapat diterima dengan baik oleh anak-anak dan orang tua di Indonesia. Dengan demikian, budaya literasi anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang dengan baik,” tutur Aminudin.
 
Selain itu, Badan Bahasa sebagai salah satu unit utama di Kemendikburistek juga selalu berperan aktif dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia, terutama pada anak-anak usia sekolah. Hal itu dengan cara melakukan penyusunan bahan penguatan literasi setiap tahun, baik dalam bentuk buku cetak maupun digital.
 
Aminudin menyebut sejak 2016-2021, Badan Bahasa terus berinovasi dalam menyediakan bahan penguatan literasi dalam bentuk penyusunan buku bacaan literasi, pengalihwahanaan buku bacaan literasi menjadi komik, pembuatan buku audio, dan pembuatan buku video.
 
“Saya berterima kasih kepada HelloMotion yang sudah bersedia bekerja sama dengan Badan Bahasa. Saya melihat konten yang selama ini disajikan sarat dengan nilai-nilai pendidikan. Ini menjadi ikhtiar baru kita supaya tingkat literasi anak-anak terus meningkat,” tutur dia.
 
Adapun, dalam pembuatan video ini Badan Bahasa melalui Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP) Literasi bekerja sama dengan rumah produksi HelloMotion. Video animasi pembelajaran literasi numerasi dibuat sebanyak 10 episode dengan tema berbeda yang dekat dengan dunia anak-anak.
 
“HelloMotion dipilih oleh Badan Bahasa untuk membuat video animasi ini karena rumah produksi tersebut telah sukses mengelola kekayaan intelektual berbasis karakter bernama Fun Cican. Badan Bahasa percaya dengan menggandeng HelloMotion melalui karakter Fun Cican dapat semakin efektif untuk mengedukasi tentang kecakapan literasi numerasi anak Indonesia sejak usia dini,” tutur Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Abdul Khak.
 
Cican adalah karakter kelinci berambut poni dengan potensial penonton lebih dari 1 juta orang. Dia juga memiliki penggemar usia 3-8 tahun yang tersebar di seluruh Nusantara dengan nama Team Cican. Karakter ini juga sudah diakui dunia internasional dengan mendapatkan 'Best 3 Favorite Character' di ajang Asia Animation Summit 2017 di Brisbane Australia yang divoting oleh produser animasi global, seperti Netflix, Cartoon Network, hingga Disney.
 
“Kami harap dengan menonton video animasi ini anak-anak Indonesia akan mendapatkan hiburan yang menyenangkan dan mendidik. Selain itu, anak-anak juga akan mendapatkan pengetahuan dan pelajaran baru tentang nilai moral, budi pekerti, persahabatan, dan pentingnya mengenal huruf dan angka,” harap dia.
 
Sementara itu, perwakilan HelloMotion, M Bramtalaras mengaku bangga bisa berkontribusi dalam pemajuan literasi generasi muda. “Saya berterima kasih karena telah diberi kesempatan untuk mengedukasi anak-anak Indonesia. Kami sangat bangga bisa ikut bekerja sama dalam proyek ini. Semoga hasil kerja kita bisa membawa banyak kebaikan bagi masyarakat khususnya anak-anak Indonesia,” ucap dia.
 
Selama 10 episode, Glen dan Bina akan menjadi tokoh utama yang ditemani oleh Cican. Setiap episodenya akan mengangkat tema-tema yang dekat dengan dunia anak-anak. 
 
Sabrina, salah satu anak yang hadir mengaku senang mengikuti acara itu. “Saya belum tahu tentang Cican tapi karakter kartun yang saya lihat di sini menarik sekali,” ungkap dia.
 
Rini, orang tua dari Sabrina yang turut mendampingi, berharap materi pembelajaran yang disuguhkan untuk anak-anak semakin menarik dan sarat akan nilai-nilai pendidikan. “Disisipkan muatan cara menabung, menjaga kebersihan, dan budaya baik lainnya yang bisa diterapkan anak-anak dalam keseharian,” tutur dia.
 
Peluncuran episode ke-1 video animasi ini mengangkat tema 'Petualangan Glen dan Bina Bersama Cican: Mengenal Angka'. Video animasi tersebut dapat dilihat masyarakat di kanal YouTube Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan kanal YouTube Fun Cican. 
 
Episode-episode 'Petualangan Glen dan Bina Bersama Cican' selanjutnya akan diunggah di dua kanal YouTube tersebut setiap hari Sabtu pukul 10.00 WIB. 
 
Baca juga: Budaya Literasi masih Rendah, Peran Perpustakaan Perlu Digenjot

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif