Mendikbud, Muhadjir Effendy, Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.
Mendikbud, Muhadjir Effendy, Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.

SMK Harus Berbasis Kewirausahaan

Pendidikan Pendidikan Vokasi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 21 Maret 2019 19:23
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus berbasis kewirausahaan. Untuk mewujudkan itu sekolah harus menghadirkan suasana kewirausahaan.
 
“Harus diciptakan atmosfer entrepreneur, suasana kewirausahaan di sekolah,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhajir Effendy, di Gedung Kemendikbud, Jakarta Pusat, Kamis, 21 Maret 2019.
 
Muhadjir juga mengapresiasi program Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW). Ia optimistis SPW bisa mencetak wirausaha-wirausaha muda dari SMK. “Jadi saya sangat mendukung ditjen Pak Direktur Pembina SMK bangun kewirausahaan di SMK,” ujar Muhadjir di Jakarta, Kamis, 21 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tetapi Muhadjir juga mengingatkan, agar kewirausahaan tidak dijadikan mata pelajaran. Tetapi sekolah sebatas membangun suasana kewirausahaan.
 
“Kalau itu dilakukan nanti tidak lahir wirausaha, yang ada siswa wara-wiri cari kerjaan,” ujarnya.
 
Baca:87 SMK Pamerkan Hasil Karya di Kemendikbud
 
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar Pameran SMK Menyongsong Revolusi Industri 4.0. Pameran ini diikuti 87 SMK negeri maupun swasta se-Indonesia.
 
Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud, Hamid Muhammad mengatakan, pameran ini digelar agar menjadi wadah bagi hasil karya siswa-siswi SMK. Selain itu, hasil karya yang dipamerkan diharapkan dapat menginspirasi SMK lain.
 
"Dilaksanakan untuk mendorong, menginspirasi SMK dan memahami bahwa hal tersebut wajib menjadi muatan dalam pembelajaran di SMK," kata Direktur Hamid dalam sambutannya di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Kamis, 21 Maret 2019.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif