Guru sedang mengajar di muka kelas. Foto: MI/Barry Fathahillah
Guru sedang mengajar di muka kelas. Foto: MI/Barry Fathahillah

Lulus SMP Mau Lanjut Kemana? Simak Dulu Perbedaan SMA, SMK, dan MA

Medcom • 28 September 2022 22:00
Jakarta: Memilih jenis sekolah untuk melanjutkan pendidikan menjadi dilema tersendiri bagi sebagian orang. Bagi Sobat Medcom yang sebentar lagi lulus SMP, pasti perlu bantuan untuk mempertimbangkan alasan dalam menentukan antara melanjutkan ke SMA (Sekolah Menengah Atas), SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), atau MA (Madrasah Aliyah).
 
Nah, Medcom akan bantu menyajikan penjelasan dari yang dikutip dari laman Zenius tentang perbedaan antara SMA, SMK, dan MA. Semoga setelah membaca artikel ini, Sobat Medcom ga bingung lagi ya haru kemana melanjutkan jenjang sekolah.

Perbedaan SMA, SMK, dan MA

Sekolah Menengah Atas (SMA) 

Sekolah Menengah Atas adalah sekolah umum yang ditempuh oleh para siswa lulusan SMP (dan sederajat) yang terdiri dari kelas X-XII, serta merupakan tingkatan wajib dalam program Wajib Belajar 12 Tahun. Pada jenjang SMA, nantinya siswa akan memilih pengelompokan peminatan atau penjurusan. Terdapat 3 penjurusan di SMA, yakni:
 
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain mata pelajaran wajib, mata pelajaran yang diajarkan dalam penjurusan IPA adalah Fisika, Kimia, dan Biologi. Matematika yang ada di jurusan IPA ada dua, yaitu Matematika Wajib dan Matematika Peminatan. Matematika Peminatan dirancang spesifik untuk lebih cocok dengan ilmu alam.
 
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
 
Selain mata pelajaran wajib, mata pelajaran yang diajarkan dalam penjurusan IPS adalah Ekonomi, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Antropologi.
 
Ilmu Bahasa 
 
Selain mata pelajaran wajib, mata pelajaran yang diajarkan dalam penjurusan Ilmu Bahasa adalah Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, satu bahasa asing wajib, 1-2 bahasa asing pilihan. Untuk bahasa asing wajib dan pilihan, biasanya tergantung sekolah masing-masing, tapi umumnya ada Bahasa Arab, Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang, Bahasa Prancis, Bahasa Spanyol, dan lainnya.
 
Jenjang SMA bisa dibilang generalis, yaitu menyediakan kesempatan bagi semua untuk mengenal dan mempelajari berbagai cakupan bidang ilmu. 

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Sekolah Menengah Kejuruan adalah sekolah yang berbentuk satuan pendidikan formal yang berfokus pada pendidikan kejuruan yang menyiapkan siswa untuk bekerja dalam bidang tertentu. Jenjang SMK menitikberatkan pada persiapan siswa untuk menghadapi dunia kerja. Secara umum, SMK lebih mengasah skill dibanding SMA.
 
Beberapa jurusan SMK yang populer antara lain Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Komputer Jaringan, Tata Boga, Tata Busana, Multimedia, dan lain-lain.  Perbedaan SMA dan SMK ada di bidang yang ingin Sobat Medcom perdalam. Jika di SMA masing-masing jurusan masih bersifat general dan cenderung teoritis, maka di SMK memiliki jurusan-jurusan yang lebih spesifik dan mengasah skill.

Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)

Madrasah Aliyah dan Madrasah Aliyah Kejuruan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan SMA dan SMK. Perbedaannya, pada MA dan MAK yaitu penambahan pendalaman pembelajaran Agama Islam dan Kementerian Agama memegang peran di kedua jenjang ini. Mata pelajaran spesifik dalam jenjang ini adalah:
  1. Al-Quran dan Hadist
  2. Aqidah dan Akhlak
  3. Fiqih
Nah, setelah membaca penjelasan di atas, semoga sobat Medcom mampu memutuskan dengan tepat pilihan sekolah tempat sobat Medcom melanjutkan menuntut ilmu ya! Jangan lupa untuk melakukan riset-riset tambahan agar informasi tentang SMA, SMK, dan MA kamu semakin bertambah. (Annisa Ambarwaty)
Baca juga: Minat Masuk SMK? Kenalan Dulu Sama 15 Jurusannya

 
(CEU)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif