Ilustrasi UTBK-SBMPTN. MI/Panca Syurkani
Ilustrasi UTBK-SBMPTN. MI/Panca Syurkani

Tak Langsung Mengerjakan Soal, Ini Hal yang Harus Dilakukan saat UTBK-SBMPTN

Medcom • 17 Mei 2022 09:09
Jakarta: Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) Gelombang I digelar hari ini, Selasa, 17 Mei 2022. Peserta tidak serta merta mengerjakan ujian setelah masuk ruangan.
 
Alih-alih langsung mengerjakan soal, ada sejumlah hal yang mesti ditaati peserta setibanya di pusat ujian. Dikutip dari Instagram @ltmptofficial, hal pertama yang harus dilakukan ialah menyiapkan dokumen di atas meja.
 
Berkas seperti kartu peserta UTBK-SBMPTN, identitas diri, dan surat keterangan lulus harus langsung disiapkan di atas meja agar bisa diverifikasi pengawas. Benda lain yang sekiranya tidak diperlukan, mesti dimasukkan ke dalam tas atau diletakkan di tempat yang disiapkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selanjutnya, ikuti instruksi pengawas. Peserta tak boleh log in atau latihan soal sesuka hati, melainkan harus menunggu arahan dari pengawas.
 
Setibanya di pusat ujian, peserta juga tidak diperkenankan berbicara dengan peserta lain. Usai memasuki ruang ujian, peserta dilarang mengobrol dengan alasan apa pun.
 
Setelah itu, baru mulai mengerjakan ujian sesuai petunjuk. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga protokol kesehatan, mengingat pelaksanaan UTBK-SBMPTN kali ini masih dibayang-bayangi pandemi covid-19.
 
Jika sudah selesai mengerjakan soal, namun masih ada waktu tersisa, peserta dilarang keluar ruangan. Peserta harus menunggu sampai waktu ujian selesai dan keluar ruangan bersamaan.
 
Bila ada pertanyaan lain, bisa disampaikan ke pengawas. Acungkan tangan terlebih dahulu, kemudian sampaikan hal yang ingin ditanyakan.
 
Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 dibedakan dalam dua gelombang. Gelombang I dilaksanakan pada 17-23 Mei 2022, sedangkan gelombang kedua akan digelar mulai 28 Mei-3 Juni 2022.
 
Untuk pakaian yang digunakan selama tes, ada beberapa setelan yang dilarang. Di antaranya, peserta tidak diperbolehkan memakai kaus oblong, celana jeans, celana pendek, dan sandal jepit.
 
Sebaiknya, gunakan baju berkerah. Seperti baju kemeja lengan pendek atau panjang, baju batik lengan pendek atau panjang, baju hem, dan kaus Polo berkerah. (Nurisma Rahmatika)
  
Baca: LTMPT Beberkan Mekanisme Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif