Plt Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemendikbduristek, Zulfikri Anas. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Plt Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemendikbduristek, Zulfikri Anas. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

3 Keunggulan Kurikulum Merdeka

Pendidikan pendidikan Kemendikbudristek Kurikulum Kurikulum Merdeka
Ilham Pratama Putra • 18 April 2022 17:36
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendorong satuan pendidikan menggunakan Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini dinilai dapat membantu anak mencapai tujuan pendidikan yang sesungguhnya.
 
Plt Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemendikbduristek, Zulfikri Anas, mengatakan Kurikulum Merdeka merupakan alat yang menjadi pemenuhan kebutuhan anak. Dia memaparkan tiga keunggulan Kurikulum Merdeka.
 
"Pertama lebih sederhana dan mendalam. Kurikulum ini fokus pada materi yang esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik pada fasenya. Jadi, anak belajar menjadi lebih mendalam, bermakna, tidak terburu-buru dan menyenangkan," kata Zulfikri dalam  siaran YouTube Ditjen GTK Kemdikbud RI, Senin, 18 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua, Kurikulum Merdeka membuat pembelajaran lebih bermakna. Misalnya, di SMA peserta didik tidak lagi memilih program perminatan.
 
"Artinya perserta didik dapat memilih mata pelajaran yang sesuai minat, bakat, dan aspirasinya," papar dia.
 
Selain itu, guru dapat mengajar sesuai tahapan capaian dan perkembangan peserta didik. Sekolah juga memiliki wewenang mengembangkan dan mengelola kurikulum pembelajaran sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan dan peserta didik.
 
Ketiga, pembelajaran dengan Kurikulum Merdeka menjadi lebih relevan dan interaktif. Dia menyebut Kurikulum Merdeka dengan kegiatan berbasis proyek akan mengeksplorasi kemampuan peserta didik.
 
"Kegiatan proyek memberikan kesempatan lebih luas kepada peserta didik untuk secara aktif mengeksplorasi isu-isu aktual. Misal isu lingkungan, kesehatan, dan lainnya untuk mendukung pengembangan karakter dan kompetensi Pancasila," tutur dia.
 
Baca: 56.878 Satuan Pendidikan Siap Terapkan Kurikulum Merdeka
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif