Ilustrasi: MI
Ilustrasi: MI

BRIDA Bakal Jadi Perangkat Penelitian dan Pengembangan Baru Bagi Pemda

Pendidikan penelitian pemda inovasi Riset dan Penelitian BRIN
Ilham Pratama Putra • 20 April 2022 14:40
Jakarta: Plt. Kepala Biro Perencanaan Keuangan Badan Riset dan Inovasi (BRIN), Prakoso Bhairawa Putera mengatakan, Badan Riset Daerah (BRIDA) akan menjadi perangkat baru untuk melaksanakan kebijakan, hingga pengendalian penelitian dan inovasi bagi pemerintah daerah. BRIDA akan bergerak dalam penyelenggaraan penelitian, pengembangan, pengkajian, penerapan, serta invensi dan inovasi yang terintegrasi di daerah.
 
“Tugas BRIDA adalah membantu Kepala Daerah dalam melaksanakan kebijakan, koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi di daerah secara menyeluruh dan berkelanjutan,” ujar Prakoso dalam Kick Off BRIDA yang digelar secara daring, Rabu 20 April 2022.
 
BRIDA, kata dia, dapat dikatakan sebagai lembaga penelitian dan pengembangan daerah. Sehingga aktivitas riset di daerah semakin berkembang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Di samping itu, BRIDA juga bertugas melaksanakan penyusunan rencana induk dan peta jalan pemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di daerah sebagai landasan dalam perencanaan pembangunan daerah di segala bidang kehidupan yang berpedoman pada nilai Pancasila,” lanjutnya.
 
Prakoso menjelaskan, kehadiran BRIDA diharapkan dapat mencapai tujuan dari penyelenggaraan riset dan inovasi nasional di daerah. Seperti memajukan dan meningkatkan kualitas penelitian, pengembangan, pengkajian, penerapan ilmu pengetahuan hingga teknologi yang menghasilkan invensi dan inovasi di daerah.
 
Baca juga:  BRIDA Diharapkan Menjadi Kekuatan Riset di Seluruh Wilayah
 
Brida juga dipercaya akan meningkatkan intensitas dan kualitas interaksi, kemitraan, sinergi antar unsur pemangku kepentingan ilmu pengetahuan dan teknologi di daerah. Selain itu, BRIDA diharapkan mampu meningkatkan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk pembangunan berkelanjutan, kualitas hidup, dan kesejahteraan masyarakat di daerah.
 
“Yang tak kalah pentingnya adalah, kehadiran BRIDA harus mampu meningkatkan kemandirian dan daya saing daerah,” tutup dia.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif