Direktur PAUD Kemendikbudristek Muhammad Hasbi. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Direktur PAUD Kemendikbudristek Muhammad Hasbi. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

Kemendikbudristek: Membentuk Gerakan Literasi Perlu Energi Besar

Ilham Pratama Putra • 26 Januari 2022 12:14
Jakarta: Meningkatkan literasi anak-anak Indonesia masih menjadi pekerjaan rumah besar. Direktur Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Muhammad Hasbi menyatakan untuk menyelesaikan masalah itu juga membutuhkan energi yang besar.
 
"Tantangan literasi yang luas ini harus dijawab dengan kerja sama dari semua pihak yang memang mengambil lahan yang sama untuk mengingkatkan literasi," ujar Hasbi dalam Peluncuran Misi Sekolah Enuma, Rabu, 26 Januari 2022.
 
Hasbi mengatakan pihak-pihak terkait mesti bergandengan tangan dalam upaya peningkatan literasi. Tak hanya pemerintah, sekolah, bahkan lembaga masyarakat pun harus melakukan kerja sama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Gembar-gembor Perkuat Literasi Sepanjang 2021, Tapi Melupakan Perpustakaan
 
Hasbi menambahkan dalam membangun peta peningkatan literasi anak, diperlukan pula visi yang sama. Dia tidak ingin ada perbedaan visi dalam membangun literasi.
 
"Kita harapannya bersama-sama dalam satu peta jalan yang sama. Harus menjadi perhatian ke depan agar kita tidak berbeda jalan," tutur dia.
 
Yang terpenting kata dia, setiap lembaga hingga komunitas tahu perannya masing-masing dalam meningkatkan litarasi. Saat ini, pihaknya di sisi pemerintah juga telah bekerja sama dengan Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) juga tengah membangun fokus pendidikan literasi.
 
"Semoga nanti kita semakin bisa memaksimalkan peran yang ada. Kita bisa bersatu dalam literasi dan pendidikan," tutupnya.
 
(AGA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif