Ilustrasi. Media Indonesia.
Ilustrasi. Media Indonesia.

5 Sekolah di Aceh Jaya Masuk Status Terpencil

Antara • 25 November 2021 10:31
Banda Aceh: Dinas Pendidikan Kubupaten Aceh Jaya mencatat ada lima sekolah berstatus terpencil. Sekolah-sekolah tersebut tersebar di Kecamatan Krueng sabee dan Kecamatan Sampoiniet.
 
"Penilaiannya salah satunya tergantung pada perkembangan suatu desa, karena status terpencil diberikan oleh Kementerian Desa bukan dari Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud)," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Aceh Jaya, Mutawali di Calang, Kamis, 25 November 2021.
 
Ia mengatakan, kategori terpencil tersebut imbas dari terpencilnya desa/gampong tempat sekolah tersebut berdomisili. Makanya, perkembangan suatu desa keluar dari kategori terpencil itu sangat penting.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Curhat Guru di Pulau Simeulue Hadapi Pembelajaran Selama Pandemi
 
Ia mengaku terus berupaya untuk keluar dari kategori terpencil. Ia menyebut, sebelumnya ada 30 sekolah masuk status terpencil di Aceh Jaya, kini tinggal lima.
 
"Fasilitas sekolah terpencil sendiri saat ini masih sama dengan yang tidak terpencil, tidak ada kekurangan hanya saja statusnya yang masih terpencil disebabkan imbas dari Desa yang belum berbenah," jelasnya.
 
Pihaknya berharap semua daerah bisa keluar dari status terpencil, sehingga perkembangan pendidikan akan terus maju di Aceh Jaya.
 
Data Dinas Pendidikan, lima sekolah berstatus terpencil di Aceh Jaya yaitu SDN 9 Sampoiniet, jumlah siswa yaitu 21 orang, SDN 10 Sampoiniet jumlah siswa 29 orang, SDN 12 Sampoiniet, jumlah siswa 81 orang, SDN 5 Krueng Sabee 60 siswa, dan SMPN 2 Krueng sabee, jumlah siswa 56 orang.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif