Ilustrasi/MI
Ilustrasi/MI

Sukses UTBK 2022, Intip Persebaran Materi TPS dan TPA dari Tahun ke Tahun

Pendidikan Penerimaan Mahasiswa Baru UTBK LTMPT PTN UTBK 2022 SNMPTN/SBMPTN 2022 SBMPTN 2022
Citra Larasati • 02 Desember 2021 14:39
Jakarta:  Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer- Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) tidak selalu sama setiap tahunnya. Misalnya, pada tahun 2020 yang hanya terdiri dari 1 tipe tes, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS), atau di tahun 2021 kemarin UTBK terdiri dari 2 tipe tes yaitu Tes Kompetensi Akademik (TKA) dan TPS, sama seperti UTBK 2019.
 
Tes yang dikembangkan dan dilaksanakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dalam penerimaan mahasiswa baru PTN dilakukan dengan metode Ujian Tulis Berbasis Komputer, oleh karena itu diberi nama UTBK. LTMPT melaksanakan tes secara objektif, adil dan akuntabel. 
 
UTBK dilaksanakan di PTN sebagai pelaksana Pusat UTBK PTN di bawah koordinasi dan tanggung jawab LTMPT. Periode tes yang ditentukan secara nasional dan rencana dilaksanakan dalam dua gelombang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setiap gelombang dilaksanakan selama tujuh hari secara berurutan dan setiap hari dilakukan dua sesi. Jadwal UTBK dilakukan dengan mempertimbangkan jadwal atau kalender akademik dan kegiatan akademik nasional untuk siswa SMA.
 
Lalu muncul pertanyaan, bagaimana penyelenggaraan UTBK di tahun 2022 nanti?  Meski belum ada pengumuman resmi dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), namun diperkirakan, pelaksanaan UTBK tahun 2022 mendatang akan sama dengan tahun 2021, yaitu ada 2 tipe tes TKA dan TPS.
 
Nah, untuk menghadapi 2022 kamu harus menyiapkan amunisi dengan melihat dan menganalisis persebaran materi UTBK pada TKA dan TPS selama beberapa tahun terakhir.  Pembahasan kali ini, akan berfokus pada persebaran materi UTBK untuk kedua tipe tes tersebut dari tahun ke tahun.
 
Dengan mengetahui persebaran materi UTBK pada tahun-tahun sebelumnya, kamu bisa memiliki gambaran kira-kira materi apa saja yang kemungkinan muncul juga pada UTBK 2022. Yuk, kita cari tahu bersama melalui infografis di bawah ini yang dikutip dari laman Ruangguru.

Persebaran Materi TPS

TPS digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Soal-soal pada TPS lebih menekankan pada penalaran umum, pemahaman bacaan dan menulis, pengetahuan dan pemahaman umum, serta pengetahuan kuantitatif (mencakup pengetahuan dan penguasaan Matematika Dasar). 
 
Baca juga:  LTMPT Rilis Jadwal SNMPTN 2022 Terbaru, Catat Tanggalnya Ya!
 
TPS sendiri baru diadakan pertama kali, yaitu pada UTBK 2019. Kemudian, TPS ini diadakan kembali pada UTBK 2020. 

Ada 4 tipe subtes yang akan kamu temui di TPS, yaitu:

  1. Penalaran Umum. Mencakup struktur logika dan kemampuan penalaran seperti logika analitik, aritmatika, sebab-akibat, pola bilangan dan pola gambar.
  2. Pengetahuan dan Pemahaman Umum.  Mencakup pemahaman terhadap suatu teks bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  3. Pemahaman Bacaan dan Menulis. Mencakup pemahaman terhadap teknik penulisan, pemahaman isi bacaan dan penalaran kebahasaan.
  4. Pengetahuan Kuantitatif.  Mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar.
Sukses UTBK 2022, Intip Persebaran Materi TPS dan TPA dari Tahun ke Tahun
Berikut persebaran materi TPS UTBK Tahun 2021 (Dok. Ruangguru)

Persebaran materi TPS UTBK

Berdasarkan data di atas, dapat kita ketahui bahwa soal yang paling banyak keluar pada subtes Penalaran Umum adalah materi Simpulan Logis. Sementara itu, pada Pemahaman Bacaan dan Menulis materi Kepaduan Wacana, Kalimat Efektif, dan Ide Pokok jadi TOP 3 materi yang muncul.
 
Pada subtes Pengetahuan dan Pemahaman Umum, materi Ide Pokok Makna dan Kata Bentuk Kata jadi soal yang paling banyak keluar. Terakhir, di tes Pengetahuan Kuantitatif, soal Sistem Persamaan lebih banyak keluar dibanding soal lainnya.

Persebaran Materi TKA UTBK

TKA digunakan untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah, yang diperlukan agar seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. Soal-soal pada TKA lebih menekankan pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).
 
TKA sendiri sebenarnya sudah diadakan sejak lama setiap tahunnya. Bahkan sebelum sistem UTBK wajib diberlakukan sebagai syarat SBMPTN.  

Terdapat 2 kelompok TKA, yaitu Saintek dan Soshum. Berikut pembahasannya:

TKA Saintek

Subtes pada TKA Saintek terdiri dari 4 mata pelajaran, yaitu:
  1. Matematika
  2. Fisika
  3. Kimia
  4. Biologi
Sukses UTBK 2022, Intip Persebaran Materi TPS dan TPA dari Tahun ke Tahun
Persebaran materi TKA Saintek UTBK 2021. (Dok. Ruangguru)

Persebaran materi Saintek UTBK

Kamu bisa mencatat topik-topik apa saja dari setiap sub tes yang jumlah soalnya paling banyak. Misalnya, untuk sub tes Matematika IPA, jumlah soal yang paling banyak adalah soal dengan topik: 
  • Turunan 
  • Integral 
  • Trigonometri 
  • Teori Peluang 
  • Limit 
  • Polinomial 
  • Dimensi Tiga
Dari situ, kamu bisa mengalokasikan lebih banyak waktu belajarmu untuk fokus pada topik-topik tersebut. Tapi, bukan berarti kamu boleh mengesampingkan topik-topik yang lain, ya! Tetap pelajari topik-topik yang lain dengan giat supaya nilai TKA kamu bisa maksimal.

TKA Soshum

Subtes pada TKA Soshum terdiri dari 4 mata pelajaran, yaitu:
  • Ekonomi
  • Geografi
  • Sejarah
  • Sosiologi
Sejak tahun 2021 lalu, materi Matematika Dasar sudah tidak ada ya di TKA Soshum karena sebetulnya evaluasi matematika di TPS sama dengan tes di matematika IPS.
 

Sukses UTBK 2022, Intip Persebaran Materi TPS dan TPA dari Tahun ke Tahun
Persebaran materi TKA Soshum di UTBK/SBMPTN 10 tahun terakhir. (Dok. Ruangguru)

Persebaran materi Soshum UTBK

Sama seperti tadi, kamu juga bisa mencatat topik-topik apa saja dari setiap sub tes yang jumlah soalnya paling banyak. Misalnya, untuk sub tes Ekonomi, jumlah soal yang paling banyak adalah soal dengan topik: 
  • Mekanisme Pasar dan Elastisitas
  • Pendapatan Nasional 
  • Siklus Akuntansi 
  • Badan Usaha dan Ketenagakerjaan
Dengan mengetahui topik-topik tersebut, maka setidaknya kamu bisa mempersiapkan diri pada topik yang belum kamu kuasai.  Jangan khawatir, kamu masih memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan hal tersebut.

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif