Ilustrasi MI/Susanto
Ilustrasi MI/Susanto

Kemendikbud: 40% Orang Tua Tak Mampu Bayar Biaya PAUD

Pendidikan PAUD
Ilham Pratama Putra • 04 Agustus 2020 16:11
Jakarta: Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jumeri, menyebut banyak orang tua yang terkendala dalam membayar biaya pendidikan anak. Bahkan, angka kesulitan orang tua dalam membayar biaya pendidikan PAUD mencapai 40 persen.
 
"Yang tidak bisa membayar penuh mungkin bisa separuh atau berapa persen itu 39 persen, bahkan ada yang tidak mampu membayar (sama sekali) itu sebanyak 40 persen," kata Jumeri dalam diskusi daring, Selasa, 4 Agustus 2020.
 
Menurut Jumeri, kondisi ini dipengaruhi terpuruknya ekonomi orang tua di tengah pandemi virus korona (covid-19). Catatan Kemendikbud, orang tua yang mampu membayar penuh untuk biaya PAUD anaknya hanya 21 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jumeri menjelaskan, tersendatnya pembayaran PAUD juga berpengaruh pada gaji guru. Selama pandemi, kata dia, 49 persen guru PAUD gajinya tersendat.
 
Baca: Nadiem Ajak Mahasiswa Jadi Penggerak Perubahan di Masa Pandemi
 
"51 persen guru kita menerima bayaran penuh. 28 persen dibayar setengah, 21 persen tidak dibayar. Ini yang memperihatinkan," terangnya.
 
Jumeri melihat ini sebagai ironi. Ironi sejatinya terjadi kepada kepada dua belah pihak, baik guru maupun orang tua. Pihaknya bakal segera memberikan bantuan kepada PAUD. Secara bersamaan, juga memberikan sosialisasi kepada orang tua agar membayar kewajibannya.
 
"Jadi mohon perhatian kita bersama agar kita perlu sosialisasi kepada ortu, bahwa ada pandangan kalau tidak sekolah itu siswa tidak membayar, itu yang salah," ungkapnya.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif