Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Rektor Unikom: Sejujurnya, Wisuda Daring Lebih Mahal Ketimbang Luring

Pendidikan Pendidikan Tinggi Wisuda
Citra Larasati • 04 Oktober 2020 09:28
Jakarta:  Rektor Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung, Eddy Soeryanto Soegoto menjelaskan, bahwa ada kemungkinan biaya wisuda dari di Unikom tidak ada perubahan meski ada protes dari sejumlah mahasiswa.  Sebab menurutnya, biaya untuk wisuda daring lebih mahal daripada wisuda luring (offline).
 
Protes ini pun sempat viral di media sosial TikTok dan menjadi trending Twitter sejak Jumat, 2 Oktober 2020.  "Yang jelas biaya tetap, namun tidak ada kenaikan biaya, walaupun biaya daring lebih tinggi dari luring," kata Eddy kepada Medcom.id, Minggu, 4 Oktober 2020.
 
Ia menjelaskan, mengapa biaya wisuda periode kali ini meski daring namun besarannya sama dengan wisuda semester dan tahun lalu yang digelar luring (offline). 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia pun merinci sejumlah daftar yang berisi biaya yang dikeluarkan untuk wisuda.  Di antaranya ada untuk baju dan toga wisuda, box untuk baju dan toga wisuda, biaya pengiriman paket box baju dan toga, biaya cetak sertifikat, SKPI, dan cumlaude, cetak kertas transkip, map ijazah, box untuk ijazah transkip SKPI, pengiriman paket box ijazah transkip +SKPI, pembuatan merchandise (masker dan face shield), flashdisk, pulsa telepon untuk menghubungi wisudawan, legalisir ijazah transkip.
 
Kemudian ada juga biaya operasional panitia wisuda, cetak foto wisudawan, prosesi seremonial protokoler, biaya pembuatan video, tambahan perangkat komputer dan lain sebagainya. 
 
Baca juga:  Wisuda Unikom Mahal, Rektor Angkat Bicara
 
Meski begitu Eddy mengakui, ada beberapa komponen seperti biaya gedung dan makan untuk tiga orang yang ditiadakan seperti yang dianggarkan dalam wisuda luring.  Namun wisuda daring, kata Eddy, ternyata membutuhkan komponen biaya-biaya yang tidak sedikit.
 
Belum lagi biaya Infrastruktur wisuda untuk 2.040 wisudawan.  Seperti Adobe Plan Subscription, Final Cut Pro, VMX, Zoom Licensed, dan Zoom Webinar.
 
"Sejujurnya (wisuda) daring lebih mahal daripada luring, karena adanya infrastruktur yang harus dipenuhi kampus agar wisuda berjalan bagus," ungkap Eddy.
 
 
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif