Mendikbud, Muhadjir Effendy. Foto: Medcom.id/Citra Larasati
Mendikbud, Muhadjir Effendy. Foto: Medcom.id/Citra Larasati

Kemendikdbud Mengevaluasi Penerapan Sistem Zonasi

Pendidikan Sistem Zonasi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 08 Juli 2019 17:22
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengevaluasi penerapan sistem zonasi untuk pemerataan pendidikan sekaligus mempersiapkannya untuk 2020. Kemendukbud tengah mengumpulkan fakta-fakta di lapangan seputar zonasi untuk direkonstruksi pada tahun depan.
 
"Dalam waktu tidak lama akan ada pembicaraan dengan daerah apa yang harus dilakukan tahun depan. Mulai dari PPDB yang lebih baik dari sekarang, pemerataan guru, afirmasi untuk sekolah baru di wilayah yang masih kosong," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, di Gedung Kemendikbud, Jakarta Pusat, Senin, 8 Juli 2019.
 
Menurut dia, sistem zonasi ini akan membuka permasalahan yang selama ini terjadi di dunia pendidikan. Dia bercerita saat melakukan kunjungan ke Sulawesi Utara, dinas setempat mengeluh adanya daerah yang tidak memiliki sekolah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemarin ke Sulut ketahuan sekolah yang tidak ada sekolah. Termasuk jalan dan trayek ada yang harus dibuka karena anak sekolah tidak ada jalan dan trayek ke sekolah. Jadi sebetulnya dengan zonasi jadi telanjang," ungkap dia.
 
Muhadjir menilai permasalahan ini seharusnya mudah untuk diselesaikan. Asalkan, ada kemauan dari pemerintah daerah serta dinas terkait dengan Kemendikbud untuk bersama memajukan pendidikan.
 
"Bersama menyadari modal manusia lebih penting dari segalanya dan itu melalui pendidikan. Kalau perlu tidak makan dulu sekarang yang penting anak-anaknya sekolahnya bagus nanti negara akan maju," kata dia.
 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif