Lasman, mahasiswa Fakultas Hukum Unpad. Foto: Dok. Unpad
Lasman, mahasiswa Fakultas Hukum Unpad. Foto: Dok. Unpad

Mahasiswa Unpad Jadi Ketua G17 University Ambassador Consortium Wilayah Indonesia

Pendidikan Beasiswa Pendidikan Tinggi Unpad Perguruan Tinggi Mahasiswa
Citra Larasati • 11 Mei 2022 11:45
Jakarta:  Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (Unpad), Lasman terpilih sebagai Ketua (chairperson) G17 University Ambassador Consortium untuk Indonesia. G17 Global University Ambassador merupakan program beasiswa global yang memberikan kesempatan kepada anak muda di setiap negara untuk berpartisipasi dalam peningkatan implementasi SDGs 2030.
 
G17 Global sendiri berpusat di Sri Lanka dan telah didirikan oleh para pemenang United Nations SDG Action Award sejak 2018.  Lasman menjelaskan, setelah mengikuti berbagai rangkaian seleksi yang cukup ketat, mulai dari screening berkas CV, portofolio, hingga tahap wawancara, Lasman akhirnya terpilih sebagai pemimpin baru bagi komunitas SDGs ini.
 
“Seleksi untuk terpilih sebagai Chairperson di program ini cukup ketat. Ada tahapan screening CV dan Portofolio, serta Wawancara yang harus dilewati. Di samping itu, awalnya juga tidak pernah terpikirkan untuk mendaftarkan diri, tapi karena direkomendasikan oleh teman, saya akhirnya coba mendaftar dan tanpa disangka-sangka akhirnya bisa terpilih,” kata Lasman, 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lasman akan menjadi ketua wilayah Indonesia dalam waktu satu tahun kepengurusan hingga 2023. Ada beberapa rangkaian program yang akan dijalankan, di antaranya ada program SDGs speech series, SDGs Advocacy, SDGs Bootcamp, Research Symposium dan G17 Summit.
 
“G17 University Ambassador Consortium merupakan wadah bagi pemuda dunia, khususnya pemuda Indonesia yang tertarik dalam isu-isu SDGs untuk dapat memberikan sumbangsih pikiran dan aksi nyata bagi masyarakat demi tercapainya target-target SDGs di 2030 di negaranya,” ujarnya.
 
Selama program ini, Lasman memiliki keinginan untuk melatih jiwa kepemimpinan dan juga kemampuan kerja sama tim. Sebab menurutnya menjadi seorang pemimpin adalah sebuah tantangan dan karena hal tersebut diperlukan pembiasaan sejak dini.
 
“Menjadi seorang pemimpin untuk wilayah Indonesia menjadi suatu hal yang luar biasa, karena saya dapat langsung berpraktik layaknya seorang representasi negara di forum global, tentu ini menjadi kesempatan emas bagi saya untuk mengembangkan kemampuan memimpin saya,” terang Lasman.
 
Lasman berharap ini akan menjadi representasi Unpad di tingkat global dalam mendorong peningkatan ketercapaian indikator SDGs serta berpengaruh besar pada pemeringkatan universitas dunia yang menjadikan SDGs sebagai parameter penilaiannya. “Karena Unpad juga berpartisipasi dalam perankingan universitas dunia oleh Times Higher Education (THE) dan juga parameter penilaiannya adalah ketercapaian SDGs, harapannya ini bisa menjadi kontribusi saya bagi kampus untuk dapat naik tingkat di tahun selanjutnya," ujarnya.
 
Baca juga:  Unpad Buka Seleksi Penerimaan Calon Dosen Tetap Non-PNS Prodi Vokasi 2022, Ini Kualifikasinya
 
Selain itu, ia juga berharap besar agar mahasiswa lainnya turut ambil bagian dalam program ini dengan mendaftarkan diri sebagai salah satu dari 17 University Ambassador di lingkungan Unpad demi tercapainya tujuan SDGs 2030.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif