Kepala BRIN Laksana Tri Handoko. Tangkapan layar. Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Kepala BRIN Laksana Tri Handoko. Tangkapan layar. Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

4 Ilmuwan Terima Anugerah Habibie Prize 2021

Ilham Pratama Putra • 17 November 2021 11:54
Jakarta: Sebanyak empat ilmuwan menerima anugerah Habibie Prize 2021. Mereka dinilai memiliki kontribusi yang kuat pada bidang ilmu di kategori masing-masing.
 
Kategori bidang ilmu dasar diraih oleh M.Hanafi, Kategori bidang ilmu kedokteran dan Bioteknologi diraih oleh Nicholas Cyrillus Budhiparama. Selanjutnya, pada Kategori bidang ilmu rekayasa dimenangkan Subagjo. Sedangkan, kategori bidang ilmu filsafat, agama dan kebudayaan dimenangkan oleh Nyoman Nuarta.
 
Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Laksana Tri Handoko mengungkapkan, jika para penerima anugerah itu telah melalui seleksi yang panjang. Para pemenang diseleksi dari 90 nominasi yang ada.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penghargaan Habibie Prize 2021 diserahkan Handoko bersama Ketua Yayasan SDM Iptek Wardiman Djojonegoro, dan perwakilan keluarga B.J. Habibie, Ilham Habibie. Para pemenang mendapatkan medali hingga uang.
 
"Masing-masing pemenang akan mendapatkan penghargaan berupa medali, sertifikat, dan uang senilai 25.000 US Dollar," lanjut Handoko, dikutip Rabu, 17 November 2021.
 
Baca: Hadapi Persaingan, Kampus Islam Swasta Diminta Menguatkan Personal Branding
 
Handoko mengucapkan selamat kepada para Penerima Habibie Prize 2021. Dia berharap anugerah ini dapat memicu semangat ilmuwan pemenang ataupun ilmuwan lainnya untuk produktif menghasilkan karya-karya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
 
"Hal ini guna mendorong kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia. Semoga Penerima Habibie Prize, sebagai putra putri bangsa terbaik dalam bidang iptek dapat menjadi inspirasi dan pemimpin bangsa Indonesia dalam kemajuan iptek di tengah perkembangan global," ungkap Handoko.
 
Habibie Prize merupakan ajang penghargaan iptek paling bergengsi di Indonesia. Sebelum diganti pada 2020, nama penghargaan ini ialah Habibie Award.
 
Sejarah Habibie Award dimulai saat Keluarga Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie mendirikan Yayasan SDM IPTEK pada tanggal 12 Mei 1997 untuk memberikan Habibie Award. Sejak pelaksanaan pertama pada 1999 hingga 2020, anugerah ini telah diberikan kepada 71 ilmuwan.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif