Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Jurnal Ilmiah Karya UIN Aceh Tembus Scopus

Pendidikan Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi
Arga sumantri • 09 Januari 2021 14:45
Jakarta: Jurnal ilmiah Samarah yang dikelola UIN Ar-Raniry berhasil menembuh Scopus, pusat data literatur ilmiah dari berbagai negara. Jurnal Samarah kini setara dengan enam jurnal lain dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) yang telah terindeks Scopus sebelumnya.
 
Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) Muhammad Ali Ramdhani mengapresiasi capaian ini. Ia mengatakan, prestasu ini jadi salah satu kado istimewa untuk seluruh PTKI di Tanah Air mengawali 2021. 
 
"Capaian jurnal dari UIN Aceh ini semakim menambah konvidensi kontribusi akademik PTKI ke masyarakat dunia", ujar Ali melalui keterangan tertulis, Sabtu, 9 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rektor UIN Ar-Raniry, Warul Walidin menambahkan, pencapaian Jurnal Samarah membuktikan bahwa UIN Ar-Raniry mampu berkiprah di tingkat internasional. Ia berharap tim Jurnal Samarah mampu menularkan semangat militansinya ini kepada teman-teman yang lain. Menurut dia, saat ini terdapat beberapa jurnal di lingkungan UIN Ar-Raniry yang sudah memproses pengajuan ke Scopus.
 
"Ditargetkan jurnal-jurnal yang sudah mengajukan tersebut dapat mengikuti jejak Jurnal Samarah," ungkap Warul.
 
Baca: Kisah Kuliah Daring Risma, Lulusan Dokter Hewan Terbaik Unair
 
Sementara itu, Direktur PTKI Suyitno menyebut produktivitas PTKI di dunia internasional terus meningkat. Ini ditandai dengan jumlah artikel yang terpublikasi pada jurnal internasional bereputasi yang terus bertambah. 
 
"Di tahun 2019 sebanyak 1.453 aretikel dan di tahun 2020 menjadi 3.140 artikel. Artinya, terdapat peningkatan sebanyak 1.687 artikel atau 116% dibanding tahun sebelumnya," kata Suyitno.
 
Editor in Chief Jurnal Samarah, Mursyid Djawas menjelaskan, jurnal ini terbit pertama kali pada 2017. Pada 2019, jurnal yang diterbitkan Program Studi Hukum Keluarga Fakultas Syariah dan Hukum ini terakreditasi Sinta 5. 
 
Pada 2020, jurnal ini melakukan reakreditasi dan berhasil naik peringkat ke Sinta 2. Pada tahun yang sama, Jurnal Samarah mengajukan indeksasi Scopus. 
 
"Hasilnya, pada awal 2021 jurnal yang fokus pada bidang hukum keluarga dan hukum Islam ini dinyatakan lolos seleksi dan telah terindeks pada Scopus," ungkap Mursyid.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif