Muhammad Faishal HR, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Mataram. Foto: Dok. Kemenag
Muhammad Faishal HR, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Mataram. Foto: Dok. Kemenag

Keren! Siswa MAN 2 Mataram Raih Beasiswa dari Kedubes Mesir

Citra Larasati • 02 Agustus 2022 22:04
Jakarta:  Muhammad Faishal HR, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Mataram berhasil lulus seleksi dan mendapat beasiswa kuliah di Kairo, Mesir. Pengumuman kelulusan ini disampaikan melalui e-mail oleh Kedutaan besar Mesir pada 28 Juli 2022. 
 
“Saya rencana akan mengambil jurusan Syari’ah. Sebab, masyarakat selalu membutuhkan pemahaman fikih yang baik. Sehingga, dibutuhkan ahli yang menguasai bidang tersebut,” ujar Faishal di Mataram, dilansir dari laman Kemenag, Selasa, 2 Agustus 2022.
 
Kepala MAN 2 Mataram, Lalu Syauki bersyukur atas prestasi yang diraih Faishal. “Alhamdulillah was-syukru lillah, bertambah lagi prestasi anak-anak hebat madrasah. Anak madrasah semakin mendunia. Selamat kepada ananda Faishal, semoga sukses, mendapat ilmu berkah, menjadi ahli fikih serta menjadi anak bangsa yang membanggakan. Semoga segera selesai studinya, kiprahmu dinanti ribuan jama’ah di Lombok,” tuturnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selama di MAN 2 Mataram, putra kedua dari pasangan Habiburrahman dan Sri Hidayati ini dikenal ramah, murah senyum, dan hormat kepada guru-gurunya. Dia piawai berbahasa Arab, bahasa Inggris, dan membaca Kitab Kuning. 
 
Kemampuan berkomunikasi Bahasa Arab dan membaca Kitab Kuning diperoleh dengan belajar ke sejumlah tuan guru. Maklum, Faishal tumbuh di lingkungan pesantren yang dikelola kakeknya, TGH. Musleh Ibrahim.
 
Sehingga, kemampuan Bahasa Arab dan membaca Kitab Kuning terasah sejak dini.  Faishal juga seorang penghafal Al-Qur’an atau hafiz. Selama di MAN 2 Mataram, ia rajin muraja’ah kepada ustaz-ustazahnya. Dia mengaku sejak kecil bercita-cita melanjutkan pendidikan ke Universitas Al-Azhar Kairo-Mesir. 
 
Saat ini, ada 26 alumni MAN 2 Mataram yang sedang menuntut ilmu di Universitas tertua dunia ini. Selain lulus beasiswa dari pemerintah Mesir, Faishal juga lulus administrasi Beasiswa Mesir dari Pengurus Nahdlatul Ulama bersama tiga orang temannya, yakni Muhammad Fairuza, Fahmi Fadila, dan Aldila Intan Saroya.
 
Sebelumnya, rekan Faishal atas nama Khairul Hamim juga berhasil meraih beasiswa ke Maroko dari Pemerintah Indonesia.  Terkait persiapan ke Mesir, Faishal mengaku telah menyiapkan mental. Dia juga sering bertanya kepada para senior. Selamat! 
 
Baca juga:  Pendaftaran Beasiswa Indonesia Maju Resmi Ditutup

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif