Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbudristek, Praptono. Foto: YouTube
Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbudristek, Praptono. Foto: YouTube

Kemendikbudristek Minta Kepala Daerah Beri Kesempatan Guru Penggerak Jadi Kepala Sekolah

Pendidikan Guru Sekolah Guru Penggerak Kemendikbudristek
Citra Larasati • 19 Januari 2022 14:11
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah meluluskan dua angkatan dalam seleksi Guru Penggerak. Setidaknya saat ini sudah lebih dari 5.000 guru lolos pendidikan program Guru Penggerak tersebut.
 
Guru penggerak disebut sebagai garda terdepan dalam transformasi pendidikan di Indonesia. Tak hanya unggul dalam metode pembelajaran, guru penggerak juga merupakan sosok yang mampu memimpin.
 
Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbudristek, Praptono pun meminta agar kepala daerah agar menjadikan Guru Penggerak sebagai kepala sekolah. Agar sekolah memiliki ekosistem belajar yang nyaman, aman, menyenangkan dan inklusif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya mohon kepada Bapak Ibu Gubernur, para bupati dan walikota untuk memberikan kesempatan kepada guru-guru hebat ini agar bisa menjadi kepala sekolah," ujar Praptono dalam Penutupan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan II, Rabu 19 Januari 2022.
 
Untuk mendorong guru penggerak menjadi kepala sekolah, Kemendikbudristek pun telah menerbitkan Permendikbudristek nomor 40 tahun 2021 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah.
 
"Itu merupakan wujud komitmen Kementerian untuk menempatkan guru penggerak ini sebagai pemimpin-pemimpin pembelajaran," terang dia.
 
Praptono juga memberi pesan kepada guru penggerak agar terus berpihak kepada murid dalam proses belajar mengajar. Ia turut menodong semangat kolaborasi antarguru untuk menghadirkan pendidikan yang lebih baik di Indonesia.
 
"Teruslah semangat belajar dan berbagi, kuatkan budaya refleksi dan kolaborasi, serta terus bergerak demi mewujudkan profil Pelajar Pancasila.
 
Kini Bapak dan Ibu memiliki rekan-rekan perjuangan, yang siap untuk saling bersinergi menggerakkan ekosistem pendidikan di Indonesia, di wilayah daerah masing-masing," tutup dia.

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif