Guru tengah mengajar di kelas. Foto: MI/Gino Hadi
Guru tengah mengajar di kelas. Foto: MI/Gino Hadi

Kemendikbudristek: 193 Ribu Guru Honorer Lolos PPPK Masuk di Formasi 2022

Pendidikan Guru Guru Honorer Kemendikbudristek Guru PPPK PPPK Guru
Faustinus Nua • 06 Mei 2022 22:30
Jakarta:  Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) segera menyelesaikan masalah guru honorer yang sudah lolos seleksi Pegawa Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), namun belum mendapatkan formasi. Pada 2022, sebanyak 193 ribu guru honorer akan diusulkan masuk formasi.
 
"Akan masuk di usulan formasi 2022. Tidak perlu tes lagi. Bisa pakai nilainya," jelas Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Praptono, Jumat, 6 Mei 2022.
 
Menurutnya, guru honorer yang sudah lolos PPPK, belum mendapatkan formasi lantaran kurangnya usulan formasi dari pemerintah daerah (pemda). Ada sejumlah isu muncul di seleksi PPPK sebelumnya, seperti masalah gaji PPPK.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sehingga, banyak Pemda yang ragu untuk mengusulkan formasi tersebut. Menyoroti gaji PPPK, Kemendikbudristek menekankan bahwa akan dibiayai pemerintah pusat.
 
Dalam hal ini, gaji untuk guru PPPK ditransfer langsung oleh pusat ke daerah. Sehingga, komponen gaji PPPK tidak akan mengganggu keuangan daerah. Pada tahun ini, Kemendikbudristek menggencarkan sosialisasi terkait formasi PPPK.
 
Baca juga:  Kemendikbudristek Buka 758 Ribu Formasi Guru PPPK di 2022
 
Dengan begitu, pemda bisa memaksimalkan kesempatan untuk meningkatkan kesejahteraan guru lewat jalur PPPK. "Formasi harus diusulkan oleh pemda. Sudah ada koordinasi dengan pemda terkait usulan formasi," papar Praptono.

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif