Ilustrasi. Foto: MI/Gino Hadi
Ilustrasi. Foto: MI/Gino Hadi

Tahap 2 Ditunda, Kemendikbud Minta Waktu Evaluasi Seleksi PPPK Guru Tahap 1

Citra Larasati • 02 November 2021 14:35
Jakarta:  Sekretaris Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kemendikbudristek, Nunuk Suryani mengatakan, bahwa penundaan pendaftaran seleksi PPPK Guru tahap II bertujuan untuk memberi waktu bagi Kemendikbudristek untuk melakukan evaluasi proses seleksi PPPK guru tahap I. 
 
"Agar selanjutnya tetap berjalan dengan adil dan transparan bagi guru honorer," terang Nunuk kepada Medcom.id. Selasa, 2 November 2021.
 
Menurut Nunuk, pengumuman waktu pendaftaran seleksi kompetensi tahap II akan disampaikan sesegera mungkin.  Setelah koordinasi dengan Panitia seleksi nasional (Panselnas) yang terdiri dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) selesai dilakukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nunuk memastikan seleksi tahap II dipastikan akan berlangsung. Ia mengajak seluruh guru honorer dan pihak terkait untuk tetap tenang saat menunggu pengumuman selanjutnya.  Ia juga meminta guru tidak terpengaruh oleh kabar maupun informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.
 
"Kami mengajak guru honorer yang belum memenuhi passing grade untuk dapat memfokuskan energi serta konsentrasi untuk mengikuti kesempatan berikutnya," terang Nunuk.
 
Sebelumnya, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim memberi arahan untuk mengevaluasi seluruh proses seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru.  Arahan ini yang menjadi salah satu dasar ditundanya proses seleksi PPPK Guru tahap 2.
 
"Sesuai arahan Mas Menteri (Nadiem Makarim) untuk melakukan evaluasi menyeluruh untuk risk management sebelum melangkah ke tahap selanjutnya," kata Sekretaris Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kemendikbudristek, Nunuk Suryani kepada Medcom.id, Selasa, 2 November 2021.
 
Baca juga:  Kemendikbudristek Beberkan Alasan Penundaan Seleksi PPPK Guru Tahap 2
 
Jadwal pemilihan formasi serta Pelaksanaan Seleksi PPPK Guru Tahap 2 ditunda hingga pengumuman lebih lanjut. Jadwal tersebut seharusnya sudah dimulai kemarin, Senin, 1 November 2021.
 
"Bapak Ibu Guru yang Terhormat, berkaitan dengan adanya evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan Seleksi Kompetensi Tahap I bersama ini kami sampaikan bahwa pemilihan formasi serta Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Tahap II ditunda hingga pengumuman lebih lanjut. Mohon maaf dan terima kasih," kata Sekretarias Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kemendikbudristek, Nunuk Suryani dalam unggahannya di akun Intagramnya @nunuksuryani, Senin malam, 1 November 2021.
 
Jadwal terbaru seleksi PPPK Guru tahap 2 akan diumumkan melalui laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id. Pelamar juga diminta agar selalu memantau perkembangan informasi pada laman tersebut.
 
Tahapan seleksi PPPK guru tahap 2 seharusnya sudah dimulai kemarin, Senin, 1 November 2021.  Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, salah satunya terkait pemilihan formasi dalam seleksi PPPK guru tahap 2.
 
Jadwal pemilihan formasi seleksi PPPK guru tahap 2 sudah mengalami dua kali penundaan.  Semula, pemilihan formasi PPPK guru tahap II dijadwalkan 9-15 Oktober 2021, kemudian diundur hingga 1-4 November 2021, lalu diundur lagi hingga jadwal yang belum ditentukan.

Ini jadwal terakhir seleksi PPPK Guru tahap 2 sebelum penundaan:

  • Pengumuman dan pemilihan formasi tahap 2 pada 1-4 November 2021
  • Pengumuman daftar peserta, waktu, dan tempat seleksi PPPK guru tahap 2 pada 8 November 2021
  • Cetak kartu peserta seleksi PPPK guru pada 8-9 November 2021
  • Pelaksanaan seleksi kompetensi tahap 2 pada 10-13 November 2021
  • Pengumuman hasil seleksi kompetensi tahap 2 pada 18 November 2021
  • Masa pengajuan sanggah tahap 2 pada 19-21 November 2021
  • Masa jawab sanggah tahap 2 pada 21-27 November 2021
Jangan lupa untuk terus memantau laman Pendidikan Medcom.id untuk mengetahui jadwal terbaru seleksi PPPK Guru tahap 2 dan berita seputar guru lainnya
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif