Guru SMP Cinta Budaya Deli Serdang, Putrina Sidabutar. Foto: YouTube
Guru SMP Cinta Budaya Deli Serdang, Putrina Sidabutar. Foto: YouTube

Hari Guru Nasional 2021

Guru: Perlu Kolaborasi Penuhi Kebutuhan Pendidikan Anak di Abad 21

Citra Larasati • 24 November 2021 14:09
Jakarta:  Guru SMP Cinta Budaya, Deli Serdang, yang juga kontributor Ayo Guru Berbagi, Putrina Sidabutar menyebut kolaborasi antarsesama guru sangat penting saat ini. Para guru, kata dia, mesti bekerja sama untuk menghadirkan pendidikan dan pembelajaran yang inovatif
 
"Kita perlu mengajarkan anak untuk menyelesaikan masalah, berinovasi, dan juga kolabrasi di masa depan," kata dia dalam webinar Festival Ayo Guru Berbagi, Selasa 23 November 2021. 
 
Menurutnya, dengan berkolaborasi para guru mampu merancang pembelajaran yang sesuai kebutuhan anak. Hal itu menjadi penentu kualitas dan keterampilan anak di abad 21.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan begitu, mau tidak mau, kita juga harus terampil menggunakan teknologi. Terampil mengelola informasi. Saat kita mau anak bisa, kita mesti bagus dulu dong," tuturnya.
 
Baca juga:  Cerita Guru Rancang Pratikum IPA dari Rumah
 
Menurutnya di abad 21 persaingan anak didik adalah persaingan di tingkat global.  Tantangan tersebut bukanlah sesuatu yang mudah untuk dijawab.
 
"Ternyata ketika kita berkumpul dengan cita-cita yang sama, berkomunitas ini membuaka pikiran kita, di mana ada kemauan, bukan hanya omongan belaka, ada aja solusi itu," ungkapnya.
 
Selain berkolaborasi antarguru, dalam merancang pembelajaran, guru juga harus melibatkan murid. Dengan melibatkan murid maka saat itu akan banyak keajabain yang terjadi.
 
"Lucunya guru belajar sama murid juga dan itu akan lebih membantu kita untuk lebih mengembangkan keterampilan yang mereka butuhkan," tutupnya.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif