Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahillah
Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahillah

P2G Harap Guru Honorer K2 Otomatis Lolos PPPK

Pendidikan Guru PPPK Seleksi PPPK Guru seleksi Guru PPPK PPPK Kemendikbud Seleksi PPPK Guru Tahap 2
Ilham Pratama Putra • 20 Oktober 2021 17:10
Jakarta: Koordinator Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G), Satriwan Salim menyebut kelompok guru honorer K2 pantas mendapat privilese dalam seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Hak istimewa dimaksud yakni afirmasi untuk lolos otomatis menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).
 
"Sebagai bentuk keberpihakan negara, lebih baik kalau guru honorer kelas K2 mereka langsung diluluskan sepanjang mereka mengikuti tes," ujar Satriwan kepada Medcom.id, Rabu 20 Oktober 2021.
 
Menurut dia, afirmasi itu layak diberikan karena kelompok guru honorer K2 telah mengabdi puluhan tahun. Satriwan mengatakan guru honorer K2 bahkan sudah ada yang mengabdi selama 25 tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi kami berharap guru honorer K2 ini diangkat jadi ASN PPPK," tegasnya.
 
Baca: Ini Penyebab Guru Swasta Eksodus Jadi PPPK
 
Lagi pula, kata dia, jumlah guru honorer K2 saat ini tidak banyak. Satriwan menyatakan, terdapat 121.954 guru honorer K2 di seluruh Indonesia.
 
"Karena mereka ini sebenarnya guru honorer yang eksis karena kebijakan, di mana mereka mengajar sejak 2005 saat era SBY (Susilo Bambang Yudhoyono)," tutupnya.
 
Pemerintah tengah melakukan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk guru. Seleksi bakal memasuki tahap dua. Kebijakan rekrutmen PPPK ini disebut  guna mencukupi kebutuhan 1,3 juta guru Aparatur Sipil Negeri (ASN) di sekolah negeri.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif