Salah seorang guru di Aceh dapat hadiah paket umrah gratis. Foto: Dok Antara/Disdik Aceh.
Salah seorang guru di Aceh dapat hadiah paket umrah gratis. Foto: Dok Antara/Disdik Aceh.

Hari Guru Nasional

Guru Berprestasi di Aceh Dapat Paket Umrah Gratis

Antara • 24 November 2021 16:41
Banda Aceh: Dinas Pendidikan Aceh memberikan hadiah paket ibadah umrah ke tanah suci Mekkah secara gratis bagi guru dan tenaga kependidikan berprestasi. Hadiah ini jadi bentuk apresiasi pemerintah daerah setempat.
 
"Guru dan tenaga pendidik memiliki peran yang sangat penting sehingga perlu diapresiasi," kata Kepala Dinas Pendidikan Aceh Alhudri di Banda Aceh, Rabu, 24 November 2021.
 
Dinas Pendidikan Aceh telah memilih guru berprestasi melalui ajang perlombaan. Hadiah umrah dan uang tunai Rp10 juta hanya diberikan kepada guru dan tenaga pendidik yang menjadi juara satu, sedangkan juara dua mendapatkan uang tunai Rp7 juta dan juara tiga Rp6 juta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa cabang yang diperlombakan meliputi guru berprestasi, kepala sekolah berprestasi, pengawas berprestasi, tenaga administrasi berprestasi, tenaga perpustakaan berprestasi serta tenaga laboratorium berprestasi untuk jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB/PKLK seluruh Aceh tahun 2021.
 
Alhudri mengatakan, adanya pemilihan guru dan tenaga kependidikan berprestasi, diharapkan dapat memacu semangat para guru dan tenaga kependidikan dalam menciptakan generasi penerus Aceh yang berkualitas.
 
"Acara ini merupakan kegiatan rutin tahunan Dinas Pendidikan Aceh. Tujuannya untuk memotivasi para guru, kepala sekolah, pengawas dan tenaga pendidik agar selalu senantiasa meningkatkan potensi diri sehingga dapat mencetak generasi Aceh yang berkualitas," ujarnya.
 
Baca: Kemendikbudristek dan Kemenag Didorong Buat Sistem Tata Kelola Guru
 
Ia mengibaratkan pendidikan sebagai kereta api, maka guru adalah lokomotifnya, yakni guru sebagai penggerak utama laju sebuah pendidikan. Oleh karena itu, Alhudri menegaskan bahwa kapasitas dan kualitas guru menjadi target yang perlu diperhatikan ke depan.
 
Ia berharap guru dan tenaga kependidikan berprestasi tersebut ke depan bisa melahirkan sebuah inovasi baru dalam hal penguatan metode pembelajaran yang lebih bermutu.
 
"Sehingga dapat dipraktekkan dalam menunjang kualitas pendidikan yang lebih baik ke depan," kata Alhudri.
 
Sementara itu, Ketua Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Irawan Abdullah mengapresiasi Dinas Pendidikan yang memberi perhatian kepada guru berprestasi. Menurut dia, kualitas guru memang harus menjadi perhatian serius Dinas Pendidikan Aceh.
 
"Karena baiknya kualitas pendidikan sangat dipengaruhi oleh kualitas guru dan infrastruktur pendukung," ujar Irawan.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif