Direktur Hukum dan Advokasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin Ade Irfan Pulungan (kanan). (Foto: MI/Ramdani)
Direktur Hukum dan Advokasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin Ade Irfan Pulungan (kanan). (Foto: MI/Ramdani)

TKN Apresiasi Langkah BPN Menggugat Hasil Pemilu ke MK

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Sonya Michaella • 25 Mei 2019 15:17
Jakarta: Direktur Hukum dan Advokasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin Ade Irfan Pulungan mengapresiasi langkah tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, yang melaporkan gugatan kecurangan pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK).
 
“Kami mengapresiasi dengan sangat baik pihak 02 ternyata melakukan hak konstitusionalnya mengajukan permohonan sebagai pemohon di sengketa pilpres di MK,” kata Ade, di Jakarta, Sabtu, 25 Mei 2019.
 
Ade menyarankan bukti-bukti yang disampaikan kubu Prabowo-Sandi dalam menggugat hasil pemilu harus bukti secara materiil. Bukan narasi atau framing-framing yang disampaikan ke publik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Lakukanlah proses hukum yang ada di ruang-ruang konstitusi bukan di luar ruang-ruang itu agar kita bisa memberikan edukasi ke masyarakat soal demokrasi,” ucap dia.
 
Baca juga:BPN Akan Tambah Bukti Dugaan Kecurangan Pemilu ke MK
 
Tak hanya itu, Ade mengimbau agar pihak 02 tidak membentuk framing tertentu dan menyebarkan hoaks serta menggerakkan massa ke jalanan.
 
“Banyaknya hoaks itu kan jadi membuat masyarakat terbelah. Komunikasi yang tidak baik ke publik itu juga berbahaya. Soal cebong-kampret itu dihentikan saja,” pungkasnya.
 
BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno resmi mendaftarkan permohonan sengketa perselisihan hasil pemilu (PHPU) Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Gugatan BPN didaftarkan oleh tim hukumnya.
 
BPN mendaftarkan permohonanya pada pukul 22.43 WIB. Ketua tim hukum sengketa pemilu BPN, Bambang Widjojanto menyebut gugatan ini penting untuk mewujudkan negara hukum yang demokratis.

 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif