Ilustrasi hoaks - Medcom.id/Antonio.
Ilustrasi hoaks - Medcom.id/Antonio.

Hoaks Surat Suara Tercoblos Rugikan Rakyat

Pemilu pilpres 2019 hoax
Siti Yona Hukmana • 05 Januari 2019 12:31
Jakarta: Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Lena Maryana Mukti, menilai hoaks tujuh kontainer surat suara tercoblos merugikan rakyat Indonesia. Tindakan itu dinilai kebohongan publik.
 
"Menurut saya yang dirugikan itu adalah seluruh masyarakat Indonesia. Penyebar hoaks itu jelas-jelas melakukan kebohongan publik dan publiklah yang menderita dan dirugikan, serta negara ikut dirugikan," ujar Lena saat dihubungi Medcom.id, Sabtu, 5 Januari 2019.
 
Hal itu, kata dia, juga merugikan Jokowi-Ma;ruf. Sebab, paslon nomor urut 01 itu sudah pasti dituduh sebagai penyebar hoaks.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi untuk pihak kami sama sekali tidak diuntungkan, malah dirugikan. Karena biasanya kalau ada berita kebohongan seperti itu ya dialamatkannya kepada kami sebagai pembuat dan penyebar berita hoaks. Petahana selalu menjadi sasaran," ungkap Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan itu.
 
(Baca juga: KPU Apresiasi Gerak Cepat Polisi)
 
Kabar ada tujuh kontainer berisi surat suara yang sudah tercoblos ramai setelah Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat Andi Arief memberi informasi melalui akun Twitter @AndiArief_. Ia menyebut ada tujuh kontainer berisi surat suara yang telah dicoblos berlabuh di Tanjung Priok.
 
"Mohon dicek kabarnya ada tujuh kontainer surat suara yang sudah dicoblos di Tanjung Priok. Supaya tidak fitnah harap dicek kebenarannya karena ini kabar sudah beredar," kicau Andi.
 
Informasi itu dicuitkan Andi, Rabu, 2 Januari 2019, pukul 20.05 WIB. Namun, beberapa saat kemudian, Andi menghapus tweet tersebut.
 
KPU dan Bawaslu memastikan kabar itu hoaks. Terkait kasus ini, KPU juga sudah meminta polisi untuk mengungkap pelaku penyebar hoaks.
 


 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi