Juru debat Prabowo-Sandi, Sodik Mudjahid/Foto: DPR
Juru debat Prabowo-Sandi, Sodik Mudjahid/Foto: DPR

Kubu Prabowo: Tes Baca Alquran Tak Perlu

Pemilu pilpres 2019 Prabowo-Sandi
Whisnu Mardiansyah • 31 Desember 2018 13:07
Jakarta: Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menilai tes baca Alquran tak perlu. Tes diselenggarakan Dewan Ikatan Dai Aceh di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Selasa, 15 Januari 2019.

"Tapi yang sangat dan lebih penting adalah pemahaman terhadap isinya dan bagaimana mengamalkanya secara demokratis dan konstitusional di NKRI yang berdasar Pancasila dan UUD 1945," ujar juru debat BPN Sodik Mudjahid ketika dihubungi, Senin, 31 Desember 2018.

Baca: Usulan Tes Baca Alquran Aspirasi Masyarakat Aceh

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Membaca Alquran, terang Sodik, memang penting. Namun, bagaimana menerapkannya dalam kehidupan jauh lebih penting. Wakil Ketua Komisi VIII itu menilai kemampuan membaca Alquran bukan syarat yang diatur bagi setiap paslon. Itu hanya menjadi kemampuan lebih seseorang.

"Tes, amati, dan cermati pemahamannya terhadap Alquran, tapi tidak melalui test khusus karena bisa tampak dalam debat, dalam pidato, dan dalam pendapat serta pemikirannya selama ini," beber dia.

Baca: KPU: Tes Baca Alquran tak Diatur UU

Sodik mengibaratkan tes baca Alquran layaknya tes calon ketua umum (ketum) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Kandidat ketum PSSI, kata dia, selama ini tidak pernah dites cara menendang ataupun menggiring bola.

Calon ketum PSSI dilihat dari visi, misi, dan program. Mereka juga dilihat kemampuannya memajukan sepak bola Indonesia.


(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi