Juru bicara MK Fajar Laksono. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Juru bicara MK Fajar Laksono. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

MK Tampung 334 Gugatan Pemilu

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Fachri Audhia Hafiez • 27 Mei 2019 16:27
Jakarta: Mahkamah Konstitusi (MK) telah menerima total 334 pendaftaran gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU). Data mutakhir itu terhitung hingga siang hari ini.
 
"Ada 334 pendaftar. Itu 323 itu di antaranya diajukan partai politik atau calon legislatif DPR/DPRD, 10 calon anggota DPD dan 1 pasangan capres-cawapres sampai siang ini," kata juru bicara MK Fajar Laksono di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Senin, 27 Mei 2019.
 
Fajar mengatakan saat ini masih ada beberapa pemohon yang mendatangi MK. Mereka datang untuk memperbaiki pendaftaran gugatan PHPU.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


MK juga segera menerbitkan akta permohonan lengkap (APL) dan akta permohonan belum lengkap (APBL) untuk tingkat PHPU caleg. Aturan itu guna mengetahui berkas permohonan pemohon mana saja yang belum lengkap.
 
"Kita sampaikan untuk segera melengkapi sampai kemudian 1 Juli 2019 atau batas pencatatan permohonan pemohon dalam buku registrasi perkara konstitusi (BRPK) untuk perselisihan hasil pemilihan umum untuk tingkat DPR, DPRD, DPD," ujar Fajar.
 
Baca: Alasan BPN Tetap Bawa Tautan Berita ke MK
 
Sementara itu, untuk pemilihan presiden (pilpres), tidak ada APL dan APBL. Pemohon dalam hal ini Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno diminta memperbaiki berkas sebelum 11 Juni 2019.
 
"Tapi pemohon kalau mau memperbaiki sampai sebelum registrasi," ujar Fajar.

 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif