Gubernur Aceh nonaktif, Irwandi Yusuf. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Gubernur Aceh nonaktif, Irwandi Yusuf. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Lahan Prabowo di Aceh Bermasalah

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf Prabowo-Sandi
Fachri Audhia Hafiez • 18 Februari 2019 20:12

Jakarta: Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf menyebut lahan milik Prabowo Subianto minim penanaman kembali atau reboisasi. Lahan yang berada di Aceh Tengah bermasalah.
 
"Terjadi penebangan minim penanaman atau reboisasi," kata Irwandi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 18 Februari 2019.
 
Irwandi menjelaskan, perusahaan yang awalnya bernama PT Alas Helau itu berubah nama menjadi PT Tusam Hutani Lestari setelah dibeli Prabowo. Lahan perusahaan itu memiliki luas 120 ribu hektare berupa hutan pinus industri.

Baca: Fadli Zon Sebut PrabowoHeroPenyelamatan Lahan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahan bakunya untuk membuat kertas. "Masih ada Pinus ditebang, tapi ku perhatikan banyak ditebang yang lama-lama ditebang. Artinya tidak ditanam, mau perpanjangan izin Hak Guna Usaha enggak (saya) teken," ujar Irwandi.
 
Pada debat kedua Pilpres 2019 yang digelar Minggu, 17 Februari 2019, capres nomor urut 01 Joko Widodo menyinggung ratusan hektare lahan yang dimiliki Prabowo. Padahal, pemerintah saat ini hanya memberikan lahan kepada rakyat kecil agar lebih produktif penggunaanya.
 
"Saya tahu Pak Prabowo memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur sebesar 220 ribu hektare, juga di Aceh Tengah 120 ribu hektare. Saya hanya ingin menyampaikan bahwa pembagian-pembagian seperti ini tidak dilakukan masa pemerintahan saya," ujar Jokowi.
 

 


 

(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif