Direktur Eksekutif Kode Inisiatif Very Junaedi. (Foto: Medcom.id/Candra Yuri)
Direktur Eksekutif Kode Inisiatif Very Junaedi. (Foto: Medcom.id/Candra Yuri)

Marak Laporan Salah Hitung Disebut Keberhasilan Pemilu Serentak

Pemilu pileg pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Candra Yuri Nuralam • 25 April 2019 16:09
Jakarta: Direktur Eksekutif Kode Inisiatif Very Junaedi menilai antusiasme masyarakat melaporkan bukti kesalahan hitung dalam situng Komisi Pemilihan Umum (KPU) merupakan keberhasilan Pemilu Serentak 2019. Maraknya laporan bukti masyarakat melek proses demokrasi.
 
"KPU menyikapinya haruslah mengapresiasi. Ini bukti keberhasilan KPU karena masyarakat antusias," kata Very di Jakarta Pusat, Kamis, 25 April 2019.
 
Very menilai masyarakat mulai sadar pentingnya mengawal demokrasi. Kesalahan penghitungan menjadi pembicaraan hangat yang terus berkembang di masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:PAN Isyaratkan Tinggalkan Prabowo Subianto
 
"Kami melihat potensi permasalahan di penghitungan dan rekapitulasi menjadi persoalan yang krusial untuk diawasi publik luas," ujar Very.
 
Pengawalan penghitungan suara secara tidak langsung menunjukkan masyarakat menaruh kepercayaan penuh pada KPU. Buktinya, terang dia, situng C1 KPU memancing partisipasi tinggi masyarakat. Mereka ingin cepat-cepat tahu hasil penghitungan sementara.
 
Very kagum dengan minat masyarakat melakukan pemantauan pemilu. Di salah satu wilayah, banyak masyarakat mengajukan pelaporan meskipun dalam satu kasus.
 
"Responsnya sangat luar biasa oleh publik. Seperti memberi tahu kesalahan penghitungan dan kecurangan," ucap Very.
 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif