Ilustrasi--Medcom.id
Ilustrasi--Medcom.id

Ini Sederet Artis yang Diprediksi Lolos ke 'Senayan'

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019 Caleg Artis
Faisal Abdalla • 16 Mei 2019 19:09
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan rekapitulasi hasil penghitungan suara untuk Provinsi Jawa Barat. Sederet nama beken diprediksi lolos ke Senayan.
 
Di Provinsi Jawa Barat terdapat 11 daerah pemilihan (dapil). Total ada 91 kursi DPR RI dari 11 dapil di Jawa Barat.
 
Pantauan Medcom.id, Kamis, 16 Mei 2019, Dapil Jawa Barat I yang meliputi Kota Bandung dan Cimahi, sejumlah caleg Artis yang diprediksi lolos adalah presenter Nico Siahaan dan pesinetron Kirana Larasati. Keduanya merupakan caleg Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nico berhasil meraih 69.237 suara sementara Kirana mendapatkan 32.475 suara. Perolehan suara Nico dan Kirana merupakan perolehan suara caleg PDI-P tertinggi di dapil tersebut.
 
Masih dari dapil Jabar I, mantan artis sekaligus politisi Partai Golkar, Nurul Arifin juga diprediksi lolos ke Senayan dengan raihan 35.713 suara.
 
Caleg nomor urut 1 Partai NasDem, Farhan juga diprediksi berhasil mengamankan kursi Senayan. Presenter itu berhasil meraup 52.033 suara, tertinggi yang diperoleh caleg NasDem di dapil tersebut.
 
Baca: Caleg Artis Gagal ke 'Senayan' karena Buruknya Komunikasi
 
Di dapil Jawa Barat II, artis Rachel Maryam dan Dede Yusuf juga diprediksi lolos ke Senayan. Rachel yang merupakan caleg Partai Gerindra berhasil meraih 145.363 suara, sementara Dede Yusuf yang merupakan caleg Partai Demokrat meraih 165.182 suara.
 
Di Dapil Jawa Barat IV ada nama artis caleg petahana Desy Ratnasari dan pendatang baru Olla Ramlan yang diprediksi lolos ke parlemen. Dessy merupkan caleg PAN dengan raihan suara tertinggi mencapai 86.450 suara, sementara Olla mendapatkan 11.599 suara.
 
Aktor Primus Yustisio dan Tommy Kurniawan juga diprediksi lolos ke Senayan dari dapil Jawa Barat V. Primus merupakan caleg Partai Gerindra dengan raihan 86.983 suara, sementara Tommy merupakan caleg PKB dengan raihan 33.988 suara.
 
Di dapil Jawa Barat VII, mantan artis dan politisi kondang PDIP, Rieke Diah Pitaloka juga diprediksi kembali mengamankan kursi di Senayan. Perolehan suara Rieke mencapai 169.729 suara.
 
Meski begitu, tak semua artis berhasil mengamankan kursi Senayan. Sejumlah pesohor yang diprediksi gagal melenggang ke kursi Wakil Rakyat adalah musisi Giring Ganesha dan Mochammad Charly Van Houten. Mereka diprediksi gagal lantaran partainya, PSI dan Perindo diprediksi tak menembus ambang batas parlemen sebesar 4 persen.
 
Artis dan caleg Partai Gerindra dapil Jawa Barat IX, Mulan Jameela juga diprediksi tak lolos. Pasalnya Mulan hanya mampu meraup 26.323 suara, lebih rendah dibandingkan sesama caleg Gerindra lainya di dapil tersebut.
 
Nasib para Menteri Kabinet Kerja juga ternyata tak semulus nasib para artis. Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dakhiri dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin diprediksi gagal merebut kursi Senayan.
 
Hanif yang merupakan caleg PKB Dapil Jawa Barat VI mengantongi 39.366 suara sementara Lukman di dapil yang sama sanggup mengantongi 30.197 suara. Meski begitu, keduanya diperkirakan tak lolos lantaran partainya diprediksi tak dapat jatah kursi di Dapil Jawa Barat VI.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif