Survei: Jokowi-Maruf Unggul 20 Persen
Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin (kanan). Foto: Antara/Hafidz Mubarak.
Jakarta:Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Joko Widodo-Ma'ruf Amin masih unggul dari pesaingnya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Elektabilitas keduanya pun terpaut di atas 20 persen.

"Dua bulan terakhir, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo Sandi mengalami turun naik. Namun, tidak banyak mengubah selisih elektabilitas. Jokowi-Ma'ruf masih unggul selisih di atas 20 persen dari Prabowo-Sandi," ujar peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar di Graha Dua Rajawali, Ramawangun, Jakarta, Kamis, 6 Desember 2018.


LSI Denny JA mencatat elektabilitas Jokowi-Ma'ruf sebesar 53,2 persen pada November 2018. Angka itu menurun dibandingkan Oktober 2018, yang mencapai 57,7 persen.

Baca: Elektabilitas Jokowi di Sumbar Jadi Sorotan

Sementara itu, elektabilitas Prabowo-Sandi meningkat dari 28,6 persen, menjadi 31,2 persen. Adapun masyarakat yang belum tahu atau tidak jawab sebesar 13,7 persen di Oktober 2018 dan 15,6 persen di November 2018.

Rully pun menyarankan kedua pasangan capres dan cawapres untuk lebih menonjolkan visi misi dan programnya. Hal itu dinilai ampuh untuk meningkatkan elektabilitas menjelang pilpres.

"Kalau sudah masuk ranah program, maka masyarakat bisa melihat diferensiasi antara kedua pasangan," jelas dia.

Survei ini dilakukan pada 10-19 November 2018, kepada 1.200 responden. Metode yang digunakan yakni multistage random sampling dengan wawancara melalui kuisioner dan tatap muka. Margin of error survei ini sebesar 2,9 persen.



(AZF)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id