Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, Fadli Zon - Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, Fadli Zon - Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

BPN Bantah Libatkan Asing Intervensi Pemilu 2019

Pemilu prabowo subianto
Whisnu Mardiansyah • 29 Mei 2019 14:56
Jakarta: Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto bertolak ke Austria bersama empat warga negara asing (WNA). Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, Fadli Zon, membantah kebersamaan Prabowo bersama WNA Rusia ingin melibatkan asing mengintervensi Pemilu 2019.
 
"Apanya? Pemilunya kan sudah selesai mau intervensi apa," kata Fadli di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 29 Mei 2019.
 
Fadli menyebut pertemuan Prabowo dengan parlemen negara asing hal yang wajar. Kebersamaan Prabowo dengan dua warga negara Rusia disebut sebagai pertemanan biasa. Ini sekaligus menepis tudingan intervensi pihak asing di Pemilu 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Biasa-biasa saja ya. Perkawanan-perkawanan itu kan biasa saja. Cuma kalau kali ini saya kira urusan privat, urusan biasa," tegas Fadli.
 
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu menyebut Prabowo siap membuktikan transparansi kepergiannya ke luar negeri. Tudingan intervensi asing di Pemilu 2019 dinilai terlalu berlebihan.
 
"Saya kira kita semua melihat ini dengan transparan, terbuka, Pak Prabowo juga sudah menjelaskan dan menyatakan jalan yang kita tempuh adalah jalan konstitusional, apalagi yang mau disembunyikan," pungkas dia.
 
(Baca juga:Prabowo Diingatkan Masih Punya Urusan di Dalam Negeri)
 
Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto bertolak ke Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa, 28 Mei 2019 pagi. Hal itu dibenarkan oleh pihak imigrasi.
 
Prabowo bertolak ke Dubai dengan menumpang Pesawat Charter Private Jet Embraer 190/Lineage 1000 dengan nomor registrasi 9H-NYC. Dalam manifes penumpang yang beredar, Prabowo bertolak bersama sejumlah warga negara asing (WNA)
 
Mereka yang tercatat ikut bersama rombongan Prabowo adalah Mikhail Davzdov WN Rusia, Anzhelika Butaeva WN Rusia, Justin Darrell Flores Howard WN Amerika Serikat, dan Mischa Demermann WN Jerman. Selain itu, ikut pula dalam rombongannya, Edy Arman, Yoriko Fransisko Karapang, dan Gibrael Habel Karapang.
 
Situs penyedia layanan data penerbangan global, FlightAware kemudian mencatat pesawat 9H-NYC, pesawat yang ditumpangi Prabowo dari Jakarta ke Dubai ternyata bertolak ke Vienna (Wina) Austria. Pesawat itu diketahui berangkat dari Bandar Udara Al Maktoum di Dubai pukul 15.09 waktu setempat atau sekitar pukul 18.09 WIB.
 
Pesawat mendarat di Bandar Udara Internasional Vienna di Austria pukul 19.13 Central European Summer Time (CEST) atau sekira pukul 00.13 WIB. Pesawat pabrikan Brazil itu total menempuh perjalanan selama 6 jam 5 menit. Pesawat dioperasikan oleh Air X Charter 2810 dengan nomor penerbangan AXY2810.

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif