Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

230 Petugas KPPS Gugur

Pemilu kpu pilpres 2019
Faisal Abdalla • 26 April 2019 17:52
Jakarta: Jumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang wafat saat ini bertugas bertambah. Lebih dari 200 orang wafat saat bertugas menyukseskan gelaran pesta demokrasi.
 
"Jumlah petugas KPPS wafat 230 orang," kata Komisioner KPU Viryan Azis di Gedung KPU, Jakarta, Jumat, 26 April 2019.
 
Baca: KPU akan Menyantuni Petugas KPPS yang Meninggal

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain 230 wafat, sebanyak 1.671 petugas sakit saat menjalankan tugas. Total ada 1.901 petugas KPPS yang tertimpa musibah.
 
"Kemungkinan data ini masih bisa bertambah," ujarnya.
 
Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik mengatakan jumlah korban terus bertambah karena sejumlah daerah baru melaporkan data ke KPU. Padahal, petugas tersebut telah sakit sejak lama karena kelelahan bekerja.
 
"Sebenarnya mungkin mereka sudah jatuh sakit sejak lama, disebabkan waktu kerja atau mungkin juga baru diberi tahu dari kabupaten atau kota. Baru sekarang di laporkan," ujarnya.
 
Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut Kementerian Keuangan sudah menyetujui pengajuan anggara santunan bagi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang wafat. KPU masih menyusun mekanisme pemberian santunan.
 
Baca: TKN Akan Santunan Keluarga Petugas KPPS yang Gugur
 
Arief mengatakan KPU menguslkan agar petugas KPPS yang meninggal dunia disantuni Rp30-36 juta sementara petugas yang mengalami musibah hingga menyebabkan cacat disantuni maksimal Rp30 juta, dan petugas luka-luka Rp16 juta. Namun KPU masih menunggu besaran anggaran yang disetujui Kementerian Keuangan.
 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif