Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan. Foto: Medcom.id/Candra.
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan. Foto: Medcom.id/Candra.

KPU Jamin Moderator Debat Netral

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf Prabowo-Sandi
Fachri Audhia Hafiez • 22 Januari 2019 20:23
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjamin moderator debat Pilpres 2019 netral. Moderator berasal dari insan media dan tak berpihak pada salah satu paslon capres-cawapres.
 
Komisioner KPU Wahyu Setiawan menegaskan, moderator debat Pilpres 2019 harus berasal dari insan media. "Ya pastilah (netral) karena syaratnya begitu," kata Wahyu di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 22 Januari 2019.
 
Wahyu menjelaskan, penentuan moderator debat perlu beberapa langkah. Sebab, perlu persetujuan dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Moderator bida dari TV penyelenggara. Kendati begitu, KPU juga mengantongi daftar calon moderator yang akan tampil dalam debat pilpres.
 
"Iya nominasi (moderator) di KPU itu usulan tv penyelenggara yang kita tawarkan kepada paslon, mekanisme ini itu bagaimana, ya kita lihat nanti," ujarnya.
 
Baca: Jokowi Menguasai Tema Besar Debat Kedua
 
Sampai saat ini KPU belum memutuskan siapa moderator debat pilpres kedua. Wahyu belum bisa memastikan kapan secara resmi diumumkan. "Akan dibahas pada rapat berikutnya," ucap Wahyu.
 
Terkait nama Najwa Shihab dan Tommy Tjokro, KPU enggan berkomentar. BPN Prabowo-Sandiaga menyebut keduanya diduga kurang independen. "Kami belum bisa berkomentar. Karena kami belum punya data keberpihakan yang dimaksud," ujar Wahyu.
 

 

(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif